LATEST ARTICLE

Lakukan 3 Cara Ini Agar Anak Bisa Mengucap Syukur


Sumber : Crosswalk.com

Apakah anak SuperParents sudah mulai rajin berdoa? Ehmm… Kalau ya, apakah mereka sudah bisa bersyukur atas semua pemberian Tuhan disetiap harinya? Wah kadang saja kita sebagai orang tua masih suka lupa untuk mengucap syukur setiap hari ya. Nah SuperParents, sebaiknya anak sudah mulai diajarkan bersyukur sedari dini agar nanti saat mereka beranjak remaja bahkan dewasa, mereka sudah terbiasa.

Firman Tuhan berkata, “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." (1 Tesalonika 5:8). Sebagai orang tua, patutlah kita menjadi contoh bagi anak-anak kita. SuperParents bisa menyematkan ucapan syukur ini mulai dari doa bersama anak kemudian bangun kebiasaan tersebut bersama mereka.

Nah kalau SuperParents masih bingung lagi nih, cara kreatif untuk mengajak anak agar bisa bersyukur, SuperParents bisa mencoba beberapa cara ini.

 

1. Memberikan teladan bagi sang buah hati agar mereka ikut melakukannya.

Hal yang bisa kita syukuri tidak harus hal-hal besar, tapi juga hal-hal sederhana. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, SuperParents bisa mulai mengajarkan bersyukur mulai dari doa. Contohnya saat kamu ajak anakmu belanja, kamu bisa ajak dia menyatakan, "Terima kasih Tuhan Yesus karena kami bisa membeli makanan yang lezat ini.."

Atau juga saat bangun pagi, kamu bisa ajak dia berdoa bersama, "Tuhan Yesus terima kasih karena kami bisa bangun pagi ini, terima kasih untuk udara yang kami hirup, terima kasih buat mama dan papa, Amin." Kamu juga bisa bertanya padanya, "Kamu mau mengucap syukur untuk hal apa hari ini?"

 

2. Bermain drama dengan kisah Alkitab tentang mengucap syukur.

Salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar Firman Tuhan adalah bermain drama dengan buah hatimu. Tentunya tidak perlu terlalu sulit dan harus menghafalkan banyak teks. Kamu bisa membacakan kisahnya, ajak putra-putrimu untuk memilih peran yang ia sukai dan ajak ia memperagakan kejadian dalam kisah Alkitab tersebut. 

Salah satu kisah Alkitab yang seru untuk diperagakan dan berhubungan dengan mengucap syukur adalah cerita tentang 10 orang yang sakit kusta (Lukas 17:11-19). Jika buah hatimu mau jadi si kusta, ambillah satu tisue gulung dan lilitkan ditubuhnya. Aktivitas menjadi orang kusta ini akan menjadi sesuatu yang seru. 

Setelah itu ajak mereka memperagakan bagaimana 10 orang kusta itu disembuhkan. Tanyakan kepada mereka, kira-kira bagaimana perbedaan perasaan 9 orang kusta yang tidak mengucap syukur dan 1 orang yang kembali kepada Yesus dan mengucap syukur. Temukan alasan mengapa kira-kira mereka tidak mengucap syukur, seperti : malu, sibuk, takut, dll. Temukan juga alasan mengapa harus mengucap syukur. 

 

3. Toples ucapan syukur

Ajaklah setiap anggota keluargamu untuk menuliskan ungkapan syukur mereka dalam secarik kertas dan mintalah mereka menggulung kertas tersebut. Lalu ambillah sebuah toples dan taruhlah semua gulungan kertas itu disana. 

Permainannya adalah minta masing-masing mengambil satu kertas dari toples itu secara bergantian, lalu membacakannya dengan keras. Setelah itu setiap orang harus menuliskan di kertas kira-kira siapa yang membuat ucapan syukur tersebut. Berilah hadiah bagi mereka yang berhasil menebak dengan tepat. 

 

Nah, seru kan bermain sambil belajar menerapkan kebenaran Firman Tuhan. Tentu saja hal ini jangan hanya sekali saja dilakukan. Buatlah permainan seru secara rutin  bersama buah hatimu, sehingga mereka semakin mengerti tentang pentingnya ucapan syukur. Selain itu, ceritakan juga pengalamanmu tentang mengucap syukur dan dampaknya untuk hidupmu. Sebab ada pepatah berkata bahwa, "Tindakan kita berbicara lebih keras dari perkataan kita."

Sumber: Jawaban.com

Baca juga:

TIDAK SELAMANYA TEGAR, INILAH 8 HAL YANG SEORANG IBU TUTUPI DARI ANAKNYA

MAU ANAK MANDIRI? INILAH DAFTAR PEKERJAAN YANG BISA SUPERPARENT BERIKAN

TIDAK PERLU MEMBENTAK, SUPERPARENTS BISA MENDIDIK ANAK DENGAN CARA INI KOK

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

 


4.076

GEREJA

237.099

ANAK

2590

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK