ARTICLE

Fri - Jun 29, 2018 / 1866 / Sunday School

Permainan Sekolah Minggu: Bantu Lindungiku dari Cobaan dan Godaan

Masih berkaitan dengan pencobaan seperti artikel sebelumnya. Kali ini ajak yuk kak anak-anak sekolah minggu untuk belajar bagaimana mereka bisa bertahan dalam pencobaan. Kalau tadi tentang puasa, itu kan bagaimana kita secara pribadi bisa fokus bertahan. Nah kalau pelajaran anak-anak yang sekarang justru mereka harus bekerja sama kak.

Permainan ini dapat mengajarkan anak-anak bahwa betapa pentingnya mengelilingi diri sendiri dengan pengaruh positif untuk melindungi mereka dari pencobaan dalam hidup. Sebelum bermain, tentunya harus baca firman Tuhan dulu donk di 1 Korintus 10: 13, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Baca juga: DARIPADA LIPSYNC MELULU, AJAK ANAK MENGEMBANGKAN TALENTA BERNYANYINYA DENGAN CARA BERIKUT

Lewat ayat ini, yakinkan anak bahwa sesulit apapun masalah yang sedang mereka hadapi, ketika mereka menyerahkan dan berdoa kepada Tuhan, Ia akan memberikan solusi serta penyelesaiannya. Masalah anak-anak itu tidak melebihi kekuatan mereka kok. Karenanya dikala mereka tidak kuat dan merasa perlu bantuan, orang tua dan keluarga adalah pihak yang mampu membantu dan mengingatkan mereka bahwa ada Tuhan yang bisa menopang.

Sumber: childrensministry.com

Selain itu, ajak anak juga membaca 2 Korintus 6: 14,”Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”. Mungkin sebagian besar dari kita berpikir, bukannya ini ayat untuk pernikahan ya?

Dalam konteks pelajaran ini (2 Korintus 6: 11-18), ayat ini justru mau memberitahukan kepada anak-anak bahwa mereka harus bergaul dengan orang-orang yang membawa pengaruh positif, bukannya mendorong mereka jatuh dalam pencobaan dan akhirnya jadi berpaling dari Tuhan. Untuk lebih jelasnya, kakak GSM bisa menjelaskan hal ini lewat permainan:

Sumber: mnhoangnong.thainguyen.edu.vn

Lindungi Aku

Cara Bermain     :

1. Mintalah 2 orang anak menjadi sukarelawan. Satu menjadi “yang mencobai” dan yang satunya lagi menjadi “yang dicobai”. Sisanya dibuat grup sejumlah kurang dari 8 anak.

2. Permainannya adalah melindungi “yang dicobai” dari “yang mencobai”.

3. Kelompok anak tadi akan membuat lingkaran dengan bergandengan tangan dan anak “yang dicobai” akan berada di tengah-tengah, sedangkan anak “yang mencobai” akan berada di luar lingkaran.

4. Anak “yang mencobai” akan berusaha menyentuk anak “yang dicobai”. Dan kelompok anak itu akan mencoba melindungi anak “yang dicobai”, agar tidak tersentuh anak “yang mencobai”.

5. Jika anak “yang dicobai” berhasil tersentuh/ tertepuk badannya, maka permainan berhenti sejenak dan saling bertukar peran. Barulah mulai lagi permainan.

6. Kakak bisa melakukan permainan ini sebanyak maksimal 3 putaran.

 

Baca juga: PERMAINAN SEKOLAH MINGGU: BEKERJA SAMA MERAIH HATI

Pembahasan      :

1. Tanyakan kepada mereka, godaan atau masalah apa yang dalam seminggu ini mereka hadapi?

2. Tanyakan kepada mereka, kenapa kita membutuhkan teman, keluarga, atau orang-orang terdekat untuk membantu kita menghadapi godaan dan masalah?

3. Bagaimana sih cara mereka membantu kita dalam melawan godaan? (CC)

Sumber: childrensministry.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK