ARTICLE

Mon - Jun 11, 2018 / 1462 / Parenting

Daripada Anak Rewel Karena Bosan di Jalan, Mainkan 5 Permainan Ini Yuk Saat Mudik

Libur telah tiba... libur telah tiba... HORE...HORE...HORE!!

Libur lebaran telah tiba! Anak-anak juga sedang liburan sekolah! Waktunya jalan-jalan bersama keluarga. Yeaay... Libur lebaran kali ini memang berbeda karena waktunya yang lebih panjang dibandingkan dengan libur-libur lebaran sebelumnya. Nah biasanya, SuperParents sudah punya rencana asik nih buat berlibur keluar kota. Tapi SuperParents sudah menyiapkan segala sesuatunya supaya anak tidak bosan dijalan belum?

Mudik yang murah biasanya bisa dilakukan dengan perjalanan darat. Masalahnya, anak-anak kadang mudah bosan jika harus menunggu selama perjalanan ke tempat tujuan. Mereka mulai merengek dan rewel. Wah kalau begitu SuperParents pasti jadi ikutan pusing ya. Daripada anak-anak semakin berulah ketika mereka bosan, mendingan yuk Superarents kita ajak mereka bermain.

 

1. Suwit

Sumber: Kkobul-Kkobul

Permainan mudah, simple, menarik, dan tidak pernah membosankan ini bisa membantu Anda lho. Suwitnya bisa secara tradisional (dengan jempol, telunjuk, dan kelingking) atau juga batu, gunting, kertas. Nah ketika kalah suwit, pemain yang kalah bisa diberikan hukuman. Misalnya  menyanyi, joget-joget, atau hal lainnya. Selain permainan ini bisa memecahkan kebosanan, ternyata suwit itu bisa meningkatkan kemampuan berpikir anak secara strategis lho.

 

Baca juga: LEBIH BAIK MENIKAHKAN ANAK REMAJA YANG SUDAH MULAI PACARAN. BENARKAH? 

 

2. Tebak Foto/ Gambar/ Pemandangan

Sumber: Screener TV

Mau melatih kemampuan kognitif dan konsentrasi anak sembari bermain bersama mereka selama perjalanan? Mudah saja. Lakukan tebak foto /gambar/ pemandangan. SuperParents bisa siapkan kartu bergambar/ foto-foto dalam galeri handphone. Ajaklah mereka menebak gambar yang ada sebanyak-banyaknya dalam waktu 1 menit.

Tapi kalau Anda ingin anak untuk tidak mengenal handphone terlebih dulu, Anda bisa mengajak mereka menebak pemandangan yang bisa dilihat di jendela. Contohnya menebak warna mobil yang lewat, membaca papan billboard, menebak gambar iklan, dan masih banyak lagi.

 

3. Main Tebak Alfabet (ABC Lima Dasar)

Sumber: Highlights Magazine

Zaman saya kecil, permainan ini bisa sangat seru dan menyenangkan lho. Selain bisa meningkatkan daya ingat, permainan ini mengasah kemampuan kognitif anak juga. Mintalah anak menyebutkan benda-benda, buah, nama artis, dan hal lainnya sesuai alfabet secara bergiliran.

 

Baca juga: YUK AJAK ANAK PLAYDATES SAMBIL MENGENAL FIRMAN TUHAN 

 

4. Bermain Peran

Sumber: Pinterest

Bawalah boneka atau mainan kesukaan anak-anak selama perjalanan. Gunakanlah benda-benda tersebut untuk bercakap-cakap tentang destinasi liburan yang dituju. Permainan ini bisa meredam kebosanan dan meningkatkan kemampuan sosial, daya imajinasi, serta perbendaharaan kosakata lho.

 

5. Bernyanyi

Sumber: Karen Russell - Typepad

Siapkan CD atau putar daftar lagu-lagu kesukaan anak-anak. Putarkan lagu tersebut dan berlombalah menebak judul lagunya, kemudian nyanyikan lagunya bersama-sama. Permainan ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan musik anak.

Nah SuperParents semua, sudah pada siap kan dengan liburannya? Tapi sebelum berangkat, tetap jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu agar Tuhan menyertai dan melindungi kita sekeluarga selama perjalanan. Selamat berliburr!! (CC)

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK