ARTICLE

Sun - Dec 17, 2023 / 278 / Parenting

KEBIASAAN DOA YANG DITANAMKAN PADA ANAK MELALUI TELADAN ORANG TUA

Hai, Superparents! Sudahkah SuperParents tanamkan kebiasaan berdoa pada anak? Hari ini, mari kita berbicara tentang bagaimana menjadi teladan dalam berdoa bagi anak-anak kita. Sebab, sebagai orang tua, kita memiliki peran besar dalam membimbing mereka untuk memahami kekuatan doa dan membentuk kebiasaan berdoa sejak dini.

Berdoa Bersama-sama

Salah satu cara terbaik untuk menjadi teladan adalah dengan berdoa bersama-sama sebagai keluarga. Mulailah dengan mengajak anak-anak untuk duduk bersama saat waktu doa tiba. Tunjukkan kepada mereka bahwa berdoa adalah momen khusus yang melibatkan semua anggota keluarga.

Ketika kita berdoa bersama, anak-anak dapat merasakan kebersamaan dan keintiman dengan Tuhan. Mereka belajar bahwa doa adalah cara untuk berkomunikasi langsung dengan-Nya. Jangan ragu untuk berbagi dengan anak-anak tentang apa yang kita doakan, sehingga mereka bisa belajar lebih banyak tentang kebutuhan dan harapan keluarga.

Jadikan Doa Sebagai Kebiasaan Sehari-hari

Selain berdoa bersama-sama, jadikan doa sebagai kebiasaan sehari-hari di rumah. Tunjukkan kepada anak-anak bahwa kita bisa berdoa kapan saja dan di mana saja. Misalnya, sebelum makan, sebelum tidur, atau saat menghadapi tantangan. Ini membantu mereka memahami bahwa doa bukan hanya kegiatan rutin, tetapi juga teman setia dalam setiap langkah hidup.

Libatkan Mereka dalam Doa

Berdoa tidak hanya tentang kata-kata, tetapi juga melibatkan hati dan perasaan. Ajak anak-anak untuk berbicara dengan Tuhan seperti mereka berbicara dengan teman. Biarkan mereka menyampaikan sukacita, kekhawatiran, dan terima kasih mereka. Ini membantu mereka merasa nyaman dan percaya bahwa Tuhan adalah sahabat yang selalu mendengarkan.

Ajarkan Arti Doa

Selagi kita berdoa bersama, ajarkan anak-anak arti doa. Jelaskan bahwa doa adalah cara kita berbicara dengan Tuhan, menyatakan kasih sayang, dan meminta petunjuk-Nya. Berbagi cerita-cerita dari Alkitab yang menunjukkan kekuatan doa juga bisa menjadi inspirasi bagi mereka.

Respons Positif terhadap Doa Terjawab

Ketika doa terjawab, berbagilah kegembiraan itu dengan anak-anak. Tunjukkan bahwa Tuhan mendengar dan menjawab doa-doa kita. Ini akan memperkuat kepercayaan mereka bahwa doa adalah alat yang efektif dan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Matius 21:22 TB Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.

Menjadi teladan dalam berdoa bagi anak-anak adalah investasi berharga untuk kehidupan rohani mereka. Dengan membimbing mereka secara positif, kita tidak hanya membantu mereka membangun hubungan yang kokoh dengan Tuhan, tetapi juga membentuk kebiasaan baik yang akan menemani mereka sepanjang hidup. Mari bersama-sama menjadi teladan yang membawa berkat bagi keluarga kita melalui kekuatan doa. Selamat berdoa bersama, Superparents!

Bagi SuperParents yang mau merenungkan Natal bersama anak tapi masih mencari materi yang tepat, Superbook punya Ebook 5 Menit Renungan Natal Bersama Superbook, lho! Download di sini yuk!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK