ARTICLE

Wed - Nov 08, 2023 / 256 / Parenting

MENEGUR ANAK TANPA MEMATAHKAN SEMANGATNYA, GIMANA CARANYA?

Sebagai orang tua, salah satu tanggung jawab utama SupeParents adalah mengajarkan anak-anak tentang perilaku yang baik dan benar. Mengoreksi kesalahan anak dengan benar adalah kunci untuk membentuk karakter mereka. Ini adalah tugas yang penting, tetapi harus dilakukan dengan penuh perhatian dan kasih sayang. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengoreksi kesalahan anak dengan benar:

1. Hindari Marah dan Frustrasi

Reaksi emosional seperti marah dan frustrasi hanya akan membuat anak merasa takut atau terancam. Lebih daripada itu, tetaplah tenang dan sabar saat menghadapi kesalahan anak. Ajarkan mereka bahwa kesalahan adalah bagian dari belajar dan tumbuh.

2. Privasi Dalam Pembicaraan

Saat hendak mengoreksi anak, usahakan untuk melakukannya secara pribadi. Ini akan membantu mereka merasa dihargai dan terhindar dari rasa malu di depan orang lain. Diskusikan kesalahan mereka secara lembut dan pribadi.

3. Jelaskan Mengapa Kesalahan Terjadi

Setelah SuperParents menemukan kesalahan anak, selanjutnya adalah menjelaskan mengapa itu adalah kesalahan. Berbicaralah dengan bahasa yang sesuai dengan usia dan pemahaman mereka. Anak-anak perlu memahami dampak dari tindakan mereka.

4. Beri Alternatif yang Positif

Selain menjelaskan kesalahan, berikan alternatif yang positif. Ajarkan anak bagaimana seharusnya mereka bertindak dalam situasi yang serupa. Hal ini dapat membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari diri mereka.

5. Pertimbangkan Konsekuensi yang Seimbang

Memberikan konsekuensi yang seimbang untuk kesalahan adalah penting. Pastikan konsekuensi tersebut terkait dengan kesalahan yang dilakukan dan bersifat mendidik. Konsekuensi yang terlalu berat atau terlalu ringan mungkin tidak efektif.

6. Komunikasi Terbuka

Dorong anak untuk berbicara dan menyampaikan pandangan mereka. Dengarkan dengan seksama tanpa menginterupsi. Ini akan membuat mereka merasa dihargai dan memberikan kesempatan untuk belajar berbicara secara terbuka.

7. Konsistensi

Konsistensi adalah kunci dalam mengoreksi kesalahan anak. Pastikan bahwa Anda dan pasangan (jika ada) memiliki pendekatan yang konsisten dalam menghadapi kesalahan anak. Ini akan membantu anak memahami batasan dan aturan yang berlaku.

8. Pujian untuk Perubahan Positif

Saat anak melakukan perbaikan dan bertindak dengan benar, jangan lupa memberikan pujian dan pengakuan. Ini akan memotivasi mereka untuk terus berusaha menjadi lebih baik.

 

BACA JUGA: TIDAK PERLU BERTERIAK, INI TIPS MENEGUR ANAK DENGAN KASIH TUHAN!

 

Mengoreksi kesalahan anak dengan benar adalah proses yang memerlukan kesabaran dan cinta. Ini merupakan bagian integral dalam pendidikan anak dan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan berempati. Ingatlah bahwa setiap anak adalah unik, jadi penting untuk memahami kebutuhan dan kepribadian mereka saat SuperParents mengoreksi kesalahan. Dengan pendekatan yang lembut dan pemahaman, SuperParents akan membantu anak mengatasi kesalahan mereka dan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK