ARTICLE

Mon - Nov 06, 2023 / 251 / Parenting

DUKUNG ANAK JADI VERSI TERBAIK DENGAN LAKUKAN 10 HAL INI

Memotivasi anak-anak dapat menjadi tantangan besar, tetapi ada beberapa cara yang dapat membantu SuperParents memahami dan mendorong mereka. Berikut ini adalah sepuluh cara sederhana untuk meningkatkan motivasi anak SuperParents:

1. Jadilah Inspiratif

Alihkan perhatian dari mencoba memaksa anak untuk melakukan sesuatu dan cobalah menjadi sumber inspirasi bagi mereka. Jika SuperParents sendiri menginspirasi, anak-anak akan mengikuti contoh yang diberikan orang tuanya. Pikirkan seseorang yang menginspirasi SuperParents dan berusahalah mencapai hal serupa.

2. Rayakan Prestasi

Beri apresiasi atas prestasi anak, sekecil apa pun itu. Memberikan hadiah atau pengakuan setelah menyelesaikan tugas atau proyek sekolah dapat menjadi motivasi tambahan bagi mereka.

3. Tetapkan Tujuan

Ajak anak-anak untuk menetapkan tujuan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Pastikan tujuan tersebut dapat dicapai dengan usaha, SuperParents dapat memberikan mereka semangat untuk mencapainya.

4. Dorong Mereka

Jangan lupa selalu memberikan dorongan positif kepada anak-anak dan biarkan mereka merasa bangga dengan diri mereka sendiri. Singkirkan rasa ragu atau ketakutan yang mungkin muncul.

5. Hindari Perbandingan

Jangan membandingkan anak-anak dengan saudara atau teman mereka, karena ini bisa meredakan motivasi dan menimbulkan perasaan negatif.

6. Bersikap Positif

Pertahankan pandangan positif dan optimis terhadap anak SuperParents. Ini akan membantu mereka mempertahankan rasa percaya diri.

7. Peluang Belajar

Jadikan aktivitas sehari-hari sebagai kesempatan untuk belajar. Ajak mereka untuk menjelajahi dunia sekitar mereka dengan mengajukan pertanyaan dan membangun hubungan.

8. Tanyakan pada Diri Sendiri

Sebelum mencoba memotivasi anak, tanyakan pada diri sendiri apa yang benar-benar memotivasi mereka. Dengarkan dengan baik apa yang mereka katakan dan hormati keinginan mereka.

9. Ambil Minat

Cobalah untuk memahami minat anak dengan mendengarkan mereka. Terkadang, bersikap seperti teman akan membuat mereka lebih nyaman berbicara tentang minat mereka.

Mahkota orang-orang tua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka. (Amsal 17:6)

Sebagai orang tua, tugas kita adalah membantu anak-anak membangun keterampilan dan memotivasi mereka. Membimbing mereka dalam menemukan diri mereka sendiri, apa yang mereka inginkan, dan apa yang mereka minati. Ajak mereka untuk mengejar tujuan dan ambisi mereka. Semoga dengan langkah-langkah ini, SuperParents dapat membantu anak-anak menjadi individu yang sukses dan termotivasi dalam hidupnya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK