ARTICLE

Sat - Oct 28, 2023 / 359 / Parenting

JADI ORANG TUA SEKALIGUS BESTIE UNTUK ANAK, APAKAH BISA?

Dalam perjalanan kehidupan ini, peran orang tua bukan hanya tentang memberi perlindungan dan bimbingan, tetapi juga menciptakan hubungan yang erat dan hangat dengan anak-anak. Mungkin saatnya SuperParents mempertimbangkan untuk menjadi sahabat sekaligus orang tua bagi mereka. Gimana sih caranya?

1. Luangkan Waktu Bersama Anak

Mengalokasikan waktu khusus untuk bermain, berbicara, atau beraktivitas dengan anak tanpa gangguan dari ponsel atau pekerjaan adalah langkah penting. Ini membantu memperkuat ikatan, memungkinkan SuperParents lebih mengenal anak, dan menciptakan kenangan indah.

2. Berbagi dan Bertukar Cerita

Berbagi pengalaman dan mendengar cerita anak adalah kunci untuk komunikasi yang kuat. Inisiatif berbicara tentang kegiatan SuperParents mendorong mereka untuk berbicara juga. Ini membangun komunikasi yang terbuka dan saling pengertian.

3. Saling Terbuka

Bicarakan pikiran dan perasaan SuperParents secara terbuka, tetapi bijak. Ini menciptakan kepercayaan dan kedekatan tanpa menggunakan anak sebagai pelampiasan emosi.

4. Mendengarkan dengan Empati

Dengarkan masalah anak dengan penuh empati tanpa menghakimi. Ini membuat mereka merasa didengar dan diperhatikan, sehingga mereka lebih nyaman berbicara.

5. Mengapresiasi Hasil Kerja Anak

Apresiasi atas usaha dan hasil kerja anak membangun rasa percaya diri. Ini mengajarkan pentingnya kerja keras dalam semua aspek kehidupan.

6. Memberikan Dukungan

Biarkan anak mengejar impian dan ambisi mereka. Memberikan dukungan positif dan bimbingan dalam mencapai tujuan mereka.

Melalui pendekatan ini, SuperParents dapat menjadi orang tua yang juga teman bagi anak-anak. Dengan kedekatan yang terjaga, anak-anak merasa nyaman menjadi diri mereka sendiri di sekitar SuperParents, membangun komunikasi yang kuat. Ini adalah upaya bersama yang memerlukan pengertian, kesabaran, dan dedikasi.

Pertanyaannya, apakah SuperParents sudah menjalin hubungan akrab dengan anak-anak? Tidak ada waktu yang terlalu cepat atau terlambat untuk memulainya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK