ARTICLE

Wed - Jul 12, 2023 / 775 / Parenting

Anak Mulai Masuk Sekolah? 5 Persiapan Ini yang Wajib Papa Mama Lakukan

Apakah anak papa mama sudah mulai akan masuk sekolah untuk pertama kalinya?


Wah, pasti ada rasa deg degan ya Papa Mama! Bisa bayangkan bagaimana anak untuk pertama kali harus ke sekolah, ketemu teman baru dan akan mulai disibukkan dengan PR harian anak. Mau gak mau, pasti banyak hal yang akan berubah bukan?


Nah, untuk beradaptasi dengan perubahan ini Papa Mama juga perlu punya persiapan lho! Baik secara mental, material maupun pengaturan waktu.
Yuk kita coba bahas di sini, apa saja sih sebenarnya yang perlu dipersiapkan sebelum anak mulai masuk sekolah.


1. Pastikan memilih sekolah yang nyaman dan terbaik untuk anak


Khusus untuk anak yang baru pertama kali sekolah, seperti masuk TK, biasanya orang tua pasti akan lebih selektif dalam memilih. Pastinya setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anak bukan? Jadi pemilihan sekolah adalah prioritas papa mama pastinya.

 

Baca Juga: Bingung Cari Sekolah Anak, Simak Tips Berikut Ini!


Untuk memastikan sekolah terbaik bagi anak, ada beberapa pertimbangan yang bisa membantu:


Pastikan akreditasi sekolah dan kredibilitasnya.

Apakah sekolah tersebut secara kualitas dan lingkungan unggul? Bila perlu tanyakan bagaimana pengalaman dari papa mama lain yang sudah memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

Pastikan letak sekolah yang bisa dijangkau.

Hal ini bisa sangat membantu papa mama lebih fleksible dalam mengantar dan menjemput anak.


Pastikan anak menerapkan nilai-nilai kebenaran firman Tuhan.

Kenapa ini penting? Usia TK adalah periode emas yang sangat mudah membentuk pengenalan anak akan Tuhan. Jadi pastikan untuk tidak memilih sekolah yang justru menerapkan nilai-nilai keyakinan yang berbeda.

 

Baca Juga: Anak Masuk Tahun Ajaran Baru, Begini Dilema Ortu Soal Biaya Sekolah Sampai Cara Belajar

 

2. Persiapan segala bentuk biaya yang diperlukan untuk sekolah anak

Saat anak mulai sekolah, artinya pengeluaran untuk pendidikan anak akan masuk daftar pengeluaran rutin bulanan. Apalagi saat musim masuk sekolah akan dimulai, Papa Mama juga perlu mengalokasikan sejumlah dana untuk memenuhi berbagai perlengkapan sekolah anak, seperti membeli baju seragam, sepatu, tas, buku, dan melunasi pendaftaran sekolah anak.
Jika Papa Mama adalah orang tua yang punya persiapan dana pendidikan untuk anak, pastinya pengeluaran masuk sekolah anak akan jauh lebih ringan.

3. Atur waktu untuk mendampingi anak

Saat anak pertama kali masuk sekolah, pasti dia berharap jika Papa Mamanya akan mengantarkannya ke sekolah. Untuk orang tua yang punya usaha tentunya ini bukan sesuatu yang sulit dilakukan. Tapi bagaimana dengan Papa Mama yang sama-sama bekerja kantoran?
Untuk memenuhi keinginan anak, penting untuk mengambil waktu dan memberi anak kesempatan untuk menikmati hari pertama ke sekolah didampingi kedua orang tuanya.

4. Persiapkan anak dengan bekal beragam nasehat

Di zaman ini, perilaku bully di sekolah terus marak. Tentu saja isu ini akan membuat orang tua mulai was was. “Bagaimana kalau anakku dibully di sekolah? Bagaimana kalau anakku membully anak lain?” Ada banyak pertanyaan yang menambah kecemasan Papa Mama.


Tapi anak tentunya harus sekolah. Lalu bagaimana memastikan agar anak aman di lingkungan sekolah? Inilah pentingnya Papa Mama wajib membekali anak beragam nasehat baik untuk dia bisa terapkan di sekolah. Misalnya, kalau ada teman yang menjahati, anak perlu melakukan apa? Siapa yang harus anak minta tolong jika jadi korban bully atau diusili teman?


Bekal dari Papa Mama penting untuk anak bisa menjaga dan melindungi dirinya dan tentu saja Papa Mama juga perlu menyerahkan anak dalam perlindungan Tuhan. Jadi, pastikan untuk mendoakan atau berdoa bersama dengan anak sebelum berangkat sekolah.


Cobalah berdoa dengan satu doa ini: Doa Orangtua Untuk Keselamatan Anak di Sekolah

5. Luangkan waktu setiap hari untuk anak

Jika Papa Mama adalah pekerja aktif, penting sekali untuk memantau perkembangan anak saat menjalani pelajaran di sekolah. Jadi, setelah pulang kerja Papa Mama wajib meluangkan waktu mendampingi anak entah sekadar tahu apa saja yang dia lakukan sepanjang hari atau ikut membantu anak mengerjakan tugas sekolah.


Tetap semangat ya Papa Mama!

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK