ARTICLE

Fri - Jun 23, 2023 / 687 / Parenting

7 Peran Orang Tua Dalam Mendukung Anak Disabilitas Capai Prestasinya

Putri Ariani dan Surya Sahetapy adalah dua anak muda Indonesia yang baru-baru ini menjadi sorotan media dengan prestasi luar biasa yang mereka raih melalui bakat masing-masing. Yang menarik perhatian adalah keduanya adalah penyandang disabilitas.

Keberhasilan Putri dan Surya tidak lepas dari tekad mereka yang kuat serta dukungan yang mereka terima dari keluarga. Dalam menghadapi tantangan dan menggapai tujuan hidup mereka, ayat Alkitab tentang mendukung anak mencapai tujuan yang Tuhan tetapkan dalam hidupnya dapat memberikan inspirasi dan pedoman bagi para orangtua. Sebagai contoh, Mazmur 32:8 berkata, 'Aku akan mengajarimu dan memberi petunjuk kepadamu tentang jalan yang harus kauikuti; Aku akan memberi nasihat, mata-Ku tertuju kepadamu.' Ayat ini mengingatkan kita akan pentingnya peran orangtua dalam memberikan arahan dan dukungan kepada anak-anak dengan disabilitas mereka.

 

Baca Juga: AYO SUPERPARENT BACA 5 AYAT INI AGAR DAPAT MENGUATKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS!

 

Sebagai orang tua, mungkin Superparents merasa terbebani dengan tanggung jawab ekstra dan mungkin meragukan cara terbaik untuk memberikan perhatian dan dukungan yang sesuai. Namun, dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat menciptakan lingkungan yang penuh cinta, inklusif, dan membantu anak Anda mencapai potensi terbaiknya.

Berikut 7 peran orang tua dalam mendukung anak disabilitas capai prestasi:

1. Pahami Kebutuhan Unik Anak Anda

Luangkan waktu untuk memahami kondisi kesehatan dan perkembangan anak Anda secara mendalam. Baca literatur terkait, konsultasikan dengan profesional kesehatan, dan bergabunglah dengan komunitas orang tua yang memiliki pengalaman serupa. Semakin Anda memahami kebutuhan anak Anda, semakin baik Anda dapat memberikan dukungan yang sesuai.

2. Fokus pada Kemampuan, Bukan Keterbatasan

Alih-alih fokus pada apa yang anak Anda tidak dapat lakukan, fokuslah pada kemampuan, minat, dan bakat anak Anda. Berikan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi dan mengembangkan potensi mereka. Dukung mereka dalam mencapai pencapaian kecil dan rayakan setiap kemajuan yang mereka buat.

 

Baca Juga: KEDATANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS, MEGAWATI BELAJAR UNTUK MENGAJAR MEREKA

 

3. Ciptakan Lingkungan Inklusif

Penting untuk menciptakan lingkungan yang inklusif di rumah dan masyarakat. Dorong anak Anda untuk terlibat dalam kegiatan sehari-hari, seperti bermain, pekerjaan rumah tangga, atau kegiatan keluarga. Perluas jaringan sosial anak dengan memperkenalkan mereka pada teman sebaya dan memperkenalkan mereka pada kegiatan yang sesuai dengan minat mereka.

4. Komunikasi yang Efektif

Komunikasi merupakan kunci dalam mengasuh anak dengan disabilitas. Gunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami. Berikan waktu yang cukup bagi anak untuk merespons dan berbicara dengan tenang. Jika anak mengalami kesulitan berkomunikasi secara verbal, eksplorasi alternatif seperti menggunakan bahasa isyarat, papan komunikasi, atau teknologi bantu komunikasi.

5. Dukung Perkembangan Kemandirian

Bantu anak Anda untuk menjadi mandiri sebanyak mungkin, sesuai dengan kemampuan mereka. Berikan kesempatan bagi mereka untuk belajar dan melakukan tugas sehari-hari, seperti makan, berpakaian, atau menjaga kebersihan diri. Dorong mereka untuk mengambil tanggung jawab atas diri mereka sendiri seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan mereka.

 

Baca Juga: BAGI ANDA YANG PUNYA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS, BACA 5 AYAT ALKITAB INI

 

6. Dapatkan Dukungan Profesional

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari profesional, seperti terapis fisik, terapis okupasi, atau psikolog, yang memiliki pengalaman dalam mengasuh anak dengan disabilitas. Mereka dapat memberikan saran, strategi, dan dukungan tambahan yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan khusus anak Anda.

7. Jaga Keseimbangan dan Diri Sendiri

Mengasuh anak dengan disabilitas bisa menuntut energi dan waktu yang ekstra. Penting untuk menjaga keseimbangan antara merawat anak Anda dan merawat diri sendiri. Cari waktu untuk beristirahat, menjaga kebutuhan pribadi, dan mencari dukungan dari keluarga dan teman-teman. Anda tidak dapat memberikan dukungan yang optimal jika Anda sendiri kelelahan atau stres.

Ingatlah bahwa setiap anak adalah individu yang unik, termasuk anak-anak dengan disabilitas. Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap perubahan yang mungkin terjadi dalam perjalanan mengasuh anak. Berikan cinta, pengertian, dan dukungan yang tak terbatas, yang membantu membangun fondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK