ARTICLE

Wed - Jun 14, 2023 / 3623 / Inspirational

6 Jenis Bagian Kitab Mazmur yang Perlu Kita Pahami

Sebagai orang Kristen, kita mungkin belum pernah tahu kalau ternyata Kitab Mazmur yang sering kita baca dan terpanjang di Alkitab dibagi dalam 6 bagian yang berbeda.


1. Mazmur Ratapan

Mazmur Ratapan adalah genre paling dominan yang ada di kitab Mazmur. Lebih dari sepertiga Mazmur berisi ratapan yang mengungkapkan tentang suasana hati.
Di sisi lain, seorang pemazmur juga sering meratapi keterpurukannya menghadapi musuh, bisa juga tentang keluhan kepada diri sendiri serta mengungkapkan kekecewaan terhadap Tuhan (Mazmur 22: 1-2). Contohnya bisa kita baca di ayat di bawah ini:
“Bangkitlah, TUHAN, tolonglah aku, ya Allahku! Ya, Engkau telah memukul rahang semua musuhku, dan mematahkan gigi orang-orang fasik. Dari TUHAN datang pertolongan. Berkat-Mu atas umat-Mu!” (Mazmur 3: 7-8)
“Engkau, TUHAN, yang akan menepatinya, Engkau akan menjaga kami senantiasa terhadap angkatan ini.” (Mazmur 12: 7)
“Sebab bukan kepada panahku aku percaya, dan pedangku pun tidak memberi aku kemenangan, tetapi Engkaulah yang memberi kami kemenangan terhadap para lawan kami, dan orang-orang yang membenci kami Kauberi malu.” (Mazmur 44: 7-8)

 

Baca Juga: KISAH AYUB DAN KETEGUHAN IMANNYA

 

2. Mazmur Pujian

Himne pujian mudah dikenali karena penekanannya pada pujian kepada Tuhan. Contohnya adalah jenis himne dalam lagu Sion, dimana pemazmur memuji Tuhan karena telah menjadikan Gunung Sion sebagai tempat dimana kehadirannya dimanifestasikan (baca Mazmur 46, Mazmur 48, Mazmur 76 dan Mazmur 84).

3. Mazmur Ucapan Syukur

Ciri-ciri dari Mazmur ucapan syukur adalah berisi ayat ucapan syukur kepada Tuhan. Salah satu bentuk ucapan syukur ini bisa ditemukan dalam Mazmur 32, Mazmur 18, Mazmur 30, Mazmur 34, Mazmur 65 dan Mazmur 136.

4. Mazmur Perjanjian dan Kekuasaan Raja

Mazmur ini berisi pengagungan kepada kesetiaan kepada Allah sebagai Raja dan perjanjian Allah. Pertama, Mazmur kerajaan Allah merayakan pemerintahan berdaulat Tuhan atas alam semesta. Mazmur jenis ini bisa kita temukan dalam Mazmur 24, Mazmur 29, Mazmur 47, Mazmur 39, Mazmur 95 dan Mazmur 144.

 

Baca Juga: BELAJAR DARI KISAH KETAATAN ABRAHAM KEPADA TUHAN

 

5. Mazmur Perlindungan

Mazmur ini berisi tentang perlindungan yang dijanjikan Tuhan atas iman di dalam Dia. Meskipun musuh mengelilingi Daud dalam Mazmur 11 dan Mazmur 23, dia menaruh kepercayaan kepada Tuhan dan akhirnya menemukan keamanan. Dalam Mazmur 121, para penyembah yang melakukan perjalanan ke Yerusalem menghadapi bahaya, namun mereka memusatkan pandangan iman mereka kepada Tuhan. Mazmur lain yang menggambarkan tentang perlindungan ada di Mazmur 16, Mazmur 62, Mazmur 63, Mazmur 91, dan Mazmur 125.

6. Mazmur Hikmat

Mazmur yang satu ini bersifat penuh dengan wejangan dan hikmat. Biasanya ayat-ayatnya berisi didikan yang memberkati. Selain itu, Mazmur Hikmat juga mengontraskan gaya hidup orang benar dengan gaya hidup orang tidak percaya. Mazmur yang masuk dalam kategori ini adalah Mazmur 1, Mazmur 15, Mazmur 36, Mazmur 37, Mazmur 49, Mazmur 73, Mazmur 112, Mazmur 119, Mazmur 127, Mazmur 128 dan Mazmur 133.
Membaca Mazmur akan membawa kita pada kedalaman dan kedekatan hubungan kita secara pribadi dengan Tuhan. Sangat disarankan untuk membaca kitab Mazmur setiap hari sebagai sumber motivasi.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK