ARTICLE

Mon - May 29, 2023 / 636 / Inspirational

7 Makna Pentakosta Ini Buat Kita Lebih Paham Apa Itu Roh Kudus

Untuk membahas tentang makna Pentakosta, kita perlu membaca keseluruhan bagian kitab dari Kisah Para Rasul 2: 1-21. Di ayat 12 dari bagian ini, terdapat satu pertanyaan penting yang disebutkan: Apakah artinya ini?


Kita juga pasti akan bertanya hal yang sama jika kita ada di Yerusalem saat itu. Setelah kenaikan Tuhan Yesus ke surga Dia memberikan janji perintah kepada murid-murid-Nya supaya mereka berkumpul untuk menunggu kedatangan Tuhan. Mereka lalu melakukannya selama 10 hari lamanya (Kisah Para Rasul 1: 13-14; 2: 1-3). Lalu sesuatu yang tak terduga pun terjadi!
Murid-murid dipenuhi dengan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2: 4-12). Inilah seluk beluk dari peristiwa Pentakosta yang dituliskan di dalam Alkitab.

 

Baca Juga: APA SIH PERAN ROH KUDUS DALAM HIDUP ORANG PERCAYA?


Lalu apa sebenarnya yang terjadi? Dan kenapa hari pentakosta harus dialami murid-murid Tuhan Yesus? Ada 7 makna pentakosta yang membantu kita semakin paham dengan kehadiran Roh Kudus.


1. Pentakosta adalah momen ketika Tuhan mengutus Roh Kudus atas hidup orang percaya


“Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.” (Kisah Para Rasul 2: 4)

2. Pentakosta adalah penggenapan pertama dari nubuatan nabi Yoel

Setelah kenaikan Tuhan Yesus ke surga 40 hari setelah kebangkitan-Nya, sepuluh hari setelah itu Hari Pentakosta pun berlangsung. Di dalam Kisah Para Rasul 2: 13-17 dijelaskan bahwa pentakosta adalah penggenapan pertama dari nubuatan nabi Yoel pada 850 tahun yang lalu (Yoel 2: 28-32).

 

Baca Juga: 3 CERITA ALKITAB YANG WAJIB ORANG TUA CERITAKAN KEPADA ANAK!

 

3. Pentakosta menjadi momen yang menandakan orang-orang percaya sudah dimateraikan dengan Roh Kudus

“Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu. Tetapi jika orang tidak memiliki Roh Kristus, ia bukan milik Kristus.” (Roma 8: 9)

 

4. Pentakosta menandakan bahwa Roh Kudus adalah bagian dalam hidup orang percaya

“Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.” (Kisah Para Rasul 4: 31)

 

5. Pentakosta berarti kuasa Tuhan memampukan orang percaya melayani Tuhan

Untuk menjadi manusia baru, penuh kasih, saleh, berani dan mau jadi saksi, orang percaya membutuhkan Roh Kudus.
“Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.” (Zakharia 4: 6)

 

Baca Juga: AJARKAN 5 HAL TENTANG ROH KUDUS KEPADA ANAK, AGAR IMAN MEREKA SEMAKIN KUAT

 

6. Pentakosta berarti orang percaya dipersatukan oleh Roh Kudus dalam satu tubuh yaitu gereja

“Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.” (Efesus 4: 3)

 

7. Pentakosta berarti orang percaya punya sosok penghibur yang akan selalu hadir

“...tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.” (Yohanes 14: 26)


Yuk jangan lupa ajarkan makna Pentakosta ini ke anak-anak kita juga ya.

Lori Mora

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK