ARTICLE

Wed - Apr 19, 2023 / 440 / Parenting

Tips Tetap Aman dan Selamat di Perjalanan Panjang Liburan Bersama Anak

Bagi anak, liburan menjadi momen yang menyenangkan. Walaupun ada sedikit rasa was-was papa mama karena liburan kali ini harus menempuh perjalanan panjang.

Tak usah khawatir! Jika perlu cobalah menikmati momen liburan ini dengan sukacita bersama orang-orang terdekat. Tapi pastinya tetap harus mempersiapkan berbagai kebutuhan untuk menjamin kesehatan dan keamanan seluruh anggota keluarga.

Bagi papa mama yang memilih menggunakan kendaraan roda empat untuk liburan kali ini, yuk pastikan mempersiapkan beberapa hal ini sebelum liburan. Hal pertama yang paling penting adalah memastikan kondisi kendaraan yang akan dibawa dalam keadaan baik. Selain kondisi fisik kendaraan, papa mama perlu memeriksa barang apa saja yang perlu dan tidak perlu dibawa di dalam mobil. Pastikan anak tidak menjangkau barang yang justru membahayakan kesehatan, seperti zat kimia dan sebagainya.

 

Baca Juga: BANGUN KEBIASAAN SPIRITUAL ANAK DI MASA LIBURAN DENGAN CARA ASIK INI!

 

Untuk persiapan selengkapnya, papa mama perlu memastikan setiap hal di bawah ini sudah lengkap.

1. Kondisi kendaraan sudah terawat dengan baik.

2. Bawa obat-obatan selama dalam perjalanan.

3 Istirahat yang cukup selama dalam perjalanan.

4. Buat suasana di dalam mobil nyaman dengan berbagai kegiatan seru.

5. Sediakan tempat tidur yang nyaman untuk anak.

6. Ajarkan anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berlibur. Misalnya, saat hendak pergi ke suatu tempat pastikan untuk memberitahukan papa mama lebih dulu. Pastikan anak tidak berkeliaran jauh dari jangkauan.

7. Simpan beberapa kontak rumah sakit yang mudah dijangkau dari tempat liburan. Hal ini penting untuk memastikan keluarga bisa mendapatkan perawatan sesegera mungkin saat anak tiba-tiba sakit.

 

Baca Juga: MAU LIBURANMU ASIK? COBA LAKUKAN HAL INI SUPAYA KAMU TIDAK PENAT LAGI

 

Hal yang jauh lebih penting dari semua persiapan adalah papa mama perlu tetap libatkan Tuhan di sepanjang perjalanan liburan. Berdoalah bersama anak dan orang terdekat di setiap perjalanan dan tempat yang dituju dan minta perlidungan serta penjagaan-Nya.

Atau papa mama bisa ajak anak sama-sama berdoa dengan doa di bawah ini:

Tuhan, terima kasih buat waktu liburan keluarga yang menyenangkan ini. Kami menyerahkan sepanjang perjalanan ini ke dalam tangan Tuhan. Jagai dan lindungi kami dengan kasihMu dan lindungi kami dari semua mara bahaya. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK