ARTICLE

Fri - Feb 24, 2023 / 2109 / Inspirational

3 Kisah Alkitab yang Mengajarkan Anak Tentang Prapaskah

Kisah Alkitab selalu memiliki pesan yang berharga untuk diajarkan kepada anak-anak kita. Masa Prapaskah memberikan kesempatan yang baik untuk berbicara tentang kasih dan kuasa Allah melalui kisah-kisah yang terdapat dalam Alkitab. Berikut adalah tiga kisah Alkitab yang dapat diajarkan kepada anak-anak tentang masa Prapaskah.

1. Yesus Dibaptis Oleh Yohanes

'Maka datanglah Yesus dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya. Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: 'Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?' Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: 'Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.' Dan Yohanes pun menuruti-Nya. Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: 'Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.' (Matius 3:13-17)

Yesus dibaptis oleh Yohanes sebagai contoh bagi para pengikut-Nya. Baptisan adalah simbol dari kehidupan baru yang kita terima ketika kita menerima Kristus sebagai Juruselamat kita. Meskipun anak-anak mungkin belum siap untuk dibaptis, tapi perlu untuk mulai membahas langkah iman yang penting ini. Kita juga dapat menghubungkan kisah ini dengan masa Prapaskah dengan menekankan kebutuhan kita untuk dikubur bersama Kristus, agar menjadi lebih kecil sehingga Dia dapat lebih dalam hidup atas kita.

Kebenarannya adalah Kasih Yesus membasuh dosa-dosa kita.

 

Baca Juga: YUK JELASKAN MAKNA TENTANG MINGGU PALMA YANG DIRAYAKAN DI MASA PRAPASKAH


2. Memberi Makan Lima Ribu Orang

Baca bagian Yohanes 6:1-14 seluruhnya bersama anak. Dari kisah ini, kita diberitahu tentang tujuan utama Yesus datang ke bumi yaitu menghapus dosa-dosa manusia sebagai pintu agar kita bisa lebih dekat dengan Dia.

Dia juga mengajarkan kepada orang-orang cara hidup dan mencintai serta mengakses kuasa Tuhan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Melalui mukjizat ini, Yesus membuka pintu bagi manusia untuk masuk sehingga manusia mau mmebuka hatinya bagi Yesus. Kisah ini dapat dihubungkan dengan masa Prapaskah dengan membagikan bahwa ini hanyalah satu momen ajaib selama hidup Yesus yang menunjukkan kepada kita bahwa Yesus adalah Anak Allah dan momen Prapaskah dan Paskah adalah waktu khusus untuk kita kembali merenungi pengorbanan-Nya bagi kita.

 

Baca Juga: 5 TOKOH DALAM KISAH PASKAH YANG TERKADANG DILUPAKAN OLEH KITA DAN ANAK-ANAK

 

3. Yesus Mengutus Dua Belas Murid-Nya

Di Matius 10:1-41, Yesus memilih dan mengutus 12 rasulnya untuk terus membagikan kabar baik tentang kasih dan kuasa Allah. Kata rasul berasal dari kata Yunani yang aslinya berarti 'utusan'. Dua belas orang ini adalah murid atau pengikut Yesus selama pelayanan-Nya. Dia meminta orang-orang terpercaya ini untuk pergi dan mengajar orang lain tentang Dia. Kita juga diminta oleh Yesus untuk melakukan hal yang sama hari ini, yaitu menjadi utusan-Nya dan membagikan kasih-Nya kepada orang lain.

Dengan mengajar anak-anak tentang kisah-kisah Alkitab ini, kita berharap anak-anak mengerti bahwa Yesus adalah pribadi yang diutus Allah untuk membagikan kasih-Nya kepada semua orang. Dengan itu, anak-anak bisa belajar untuk lebih mengenal Tuhan dan merayakan Masa Prapaskah dengan lebih bermakna.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK