ARTICLE

Sat - Oct 13, 2018 / 468 / Inspirational

Ternyata Gereja Besi Berwarna Merah Ini Ada di Indonesia Lho! Cari Tahu Yuk

Saking banyaknya denominasi gereja di Indonesia, rumah ibadahnya pun bentuknya beragam-ragam. Ada yang di ruko, mall, bangunan gereja, salah satu lantai gedung perkantoran, dan masih banyak lagi. Dulu mimin pernah membahas gedung gereja yang unik di Kalimantan Barat. Kamu bisa lihat disini. Tapi gedung gereja yang satu ini nggak kalah uniknya dibandingkan yang itu.

Baca juga: GEREJA YANG INDAH DAN PENUH MAKNA ALKITABIAH INI TERNYATA ADA DI INDONESIA LHO!

Gereja ini terletak di daerah Probolinggo, Jawa Timur. Kalau kamu pernah membaca buku kumpulan puisi yang berjudul ‘Di Kota Tuhan’,  pasti kamu mengenal Gereja Merah yang nama resminya Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB)  Immanuel, Probolinggo yang terletak di pusat kota. Gereja yang berwarna merah menyala ini unik banget karena terbuat dari besi lho!

Sumber : Jelajah Nesia, batampop.com, ngampungdolan.com

Bukan tanpa alasan, warna merah dari gereja ini juga punya makna lho. Dalam filosofi teologisnya, warna merah ini melambangkan darah Yesus yang tercurah  di kayu salib saat menebus dosa manusia. Gereja ini dibangun pada masa penjajahan VOC tahun 1862.

Karena keunikannya, tidak sedikit turis mancanegara yang datang ketempat ini untuk menyaksikan secara langsung arsitekturnya dari dekat. Biasanya turis akan ramai saat Natal dan Paskah. Mereka banyak berasal dari Belanda, Inggris, dan juga Australia.

Sumber: SINDOnews

Keberadaan gereja yang masih asli dan eksotis ini, membuat pemerintah akhirnya menjadikan gereja ini sebagai cagar budaya dan tempat wisata sejarah. Sampai saat ini, gereja ini masih secara aktif digunakan beribadah di setiap hari Minggu.

Baca juga: JANGAN LAKUKAN 4 KESALAHAN BERIKUT KETIKA MENGHADAPI PEKERJAAN YANG SULIT

Nah apakah kamu tertarik berkunjung kesana? Yuk pelihara cagar budaya dan aset peninggalan sejarah Kekristenan di tanah air ini, demi penyebaran Injil ke anak-anak di  seluruh Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang melakukannya?

Sumber: Jawaban.com

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK