ARTICLE

Wed - Nov 01, 2023 / 444 / Sunday School

YUK SUPERTEACHER AJARI ANAK TENTANG KEKUATAN DOA YANG SANGAT BESAR

Doa adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan seorang Kristen. Ini adalah cara untuk berkomunikasi dengan Tuhan, mengungkapkan harapan, bersyukur, dan membangun hubungan yang mendalam dengan Sang Pencipta. Di sekolah Minggu, kakak-kakak dapat mengajarkan anak-anak untuk berdoa, membantu mereka memahami pentingnya berbicara dengan Tuhan dalam setiap aspek kehidupan. Namun, ada saat-saat ketika kakak-kakak perlu mengajarkan mereka tentang doa yang sangat besar, yang mungkin memerlukan mukjizat. Bagaimana seharusnya mereka melakukannya?

 

BACA JUGA: 3 CARA MENGAJARKAN ANAK AGAR MEMILIKI KEBIASAAN BERDOA

 

1. Kekuatan Doa dalam Hubungan dengan Tuhan

Doa adalah fondasi dari hubungan kita dengan Tuhan. Ini adalah cara kita mengungkapkan iman kita, mencari bantuan, dan menguatkan jiwa kita. Penting untuk menjelaskan kepada anak-anak bahwa doa adalah cara kita berbicara dengan Tuhan, dan melalui doa, kita mengalami keterlibatan pribadi dengan-Nya.

2. Mengajarkan Keyakinan pada Kekuatan Tuhan

Dalam Alkitab, kita menemukan contoh-contoh doa 'besar' yang dijawab oleh Tuhan dengan cara yang luar biasa. Ini mengajarkan kita bahwa Tuhan memiliki kemampuan untuk melakukan mukjizat, bahkan dalam situasi yang sulit. Anak-anak perlu dipahamkan bahwa kita harus percaya pada kemampuan Tuhan dalam doa dan bahwa Dia adalah sumber keajaiban.

3. Fokus pada Kemampuan Tuhan, Bukan Hasil Doa

Kita perlu mengajarkan anak-anak untuk tidak hanya meminta apa yang mereka inginkan dalam doa, tetapi juga untuk percaya bahwa Tuhan tahu yang terbaik. Dalam doa yang penuh iman, kita fokus pada kemampuan Tuhan, bukan pada bagaimana Dia akan menjawab doa kita. Ini membantu anak-anak memahami bahwa Tuhan selalu melakukan yang terbaik untuk kita.

4. Kepercayaan pada Rencana Tuhan

Selain mengajarkan tentang kekuatan doa, anak-anak juga perlu memahami bahwa terkadang Tuhan menjawab doa dengan cara yang berbeda dari yang kita harapkan. Ini adalah peluang untuk mengajarkan mereka tentang kepercayaan pada rencana Tuhan yang mungkin tidak selalu sesuai dengan keinginan kita, tetapi selalu terbaik untuk kita.

5. Teladan dalam Doa yang Penuh Iman

Sebagai pemberi pengaruh dalam kehidupan anak-anak, kakak-kakak harus menjadi teladan dalam doa yang penuh iman dan tanpa rasa takut. Ajak mereka untuk berdoa bersama dalam situasi yang sulit, menunjukkan bahwa doa adalah cara untuk mencari Tuhan dalam setiap aspek hidup.

6. Doa sebagai Percakapan Hidup

Akhiri dengan mengajarkan anak-anak bahwa doa adalah percakapan kehidupan. Setiap masalah, tantangan, atau kebahagiaan dapat ditemukan solusinya dalam doa. Ini mengajarkan mereka untuk mengandalkan Tuhan dalam segala hal dan bahwa doa adalah bagian tak terpisahkan dari hidup kita sebagai orang Kristen.

 

BACA JUGA: 7 DOA YANG PENTING KITA PANJATKAN UNTUK SEKOLAH MINGGU

 

Dalam mengajarkan anak-anak tentang doa, kita membantu mereka memahami kekuatan doa, keajaiban Tuhan, dan kepercayaan pada rencana-Nya. Ini adalah pelajaran yang akan membantu mereka membangun iman yang kuat dan hubungan yang dalam dengan Tuhan dalam sepanjang kehidupan mereka.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK