ARTICLE

Tue - Sep 04, 2018 / 879 / Parenting

Tips Terbaik Membiasakan Anak Berolahraga Sedari Kecil

Pagelaran Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia sebagai tuan rumah sudah berakhir. Para atlet Indonesia juga menoreh sejarah mempersembahkan kejutan yang luar biasa dengan menempati posisi keempat perolehan medali terbanyak. Hasil latihan mereka terbayar dengan rasa bangga dan hadiah ekstra dari pemerintah.

Banyak kisah haru di balik keberhasilan para atlet meraih medali. Seperti Jonatan Christie yang menjadikan screenshot bully sebagai motivasi, hingga kisah Wewey Wita yang berasal dari keluarga kurang mampu. Namun kesusahan yang pernah mereka alami pada akhirnya berbuah manis karena mereka memilih untuk bangkit dan berubah.

Kembali ke keluarga, olahraga sangat penting dan baik bagi kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk orangtua, namun juga anak-anak, olahraga sangat bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Kendalanya ialah jika Super Parents tidak membiasakan anak untuk berolahraga sedari ia masih kecil, maka tidak akan mudah mengajaknya berolahraga ketika ia sudah mulai besar. Berikut ini beberapa tips mudah membiasakan anak berolahraga

1. Biasakan dan biarkan anak aktif sejak batita

Kenalkan anak dengan beragam aktivitas fisik. Kurangi durasi menggendong dan biarkan ia berjalan. Ajak batita Anda jalan sore keliling kompleks perumahan di waktu luang Anda.

2. Jadikan olahraga sebagai aktivitas rutin keluarga

Ambil waktu di akhir pekan sebagai hari wajib olahraga sekeluarga. Misalnya lari-lari di taman dekat rumah, atau pergi berenang. Olahraga ringan seperti bermain tangkap bola atau bersepeda juga bisa dilakukan di akhir pekan bersama keluarga.

3. Lakukan variasi olahraga

Karena si anak masih kecil, ada baiknya Super Parents mengenalkan beberapa cabang olahraga, bukan hanya satu. Tujuannya adalah agar si anak tidak merasa bosan jika diajak olahraga.

4. Pilih tempat yang sesuai

Sumber: JPNN

Jika Super Dad menyukai bulutangkis, tidak ada salahnya Super Parents menyewa satu lapangan untuk bermain bulutangkis bersama keluarga selama satu jam. Anak akan banyak belajar hal dengan sendirinya.

5. Berikan semangat kepada anak

Ketika si kecil sedang melakukan aktivitas fisik apapun, semangati, dukung, dan beri arahan. Jangan lupa untuk terus memberi contoh olahraga yang baik. Tapi jangan sampai memaksa anak ya, Super Parents, agar mereka tidak bosan dan malah jadi stress.

Sumber: lifestylekompas

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK