ARTICLE

Fri - Aug 11, 2023 / 346 / Parenting

Tips Parenting Anak Digital Masa Kini Ala Ganjar Pranowo, Superparents Boleh Contoh Nih!

Jadi orang tua di masa pastinya makin susah ya Superparents! Kehadiran teknologi sekarang jadi salah satu tantangannya. Pastinya bakal ada gap besar kalau orang tua zaman sekarang gak melek teknologi. Pastinya gak akan mungkin bisa connect sama anak yang sepanjang hari dunianya ya digital.
Terus apa sih yang harus dilakukan supaya tetap bisa kasih pengasuhan yang terbaik buat anak-anak digital masa kini? Superparents bisa banget lho tiru pola pengasuhan ala Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini. Mau tahu kan? Yuk baca di bawah.


Lewat unggahannya di sosial medianya, Ganjar menyampaikan pentingnya orang tua masa kini relevan dengan dunia anak. Artinya, Superparents bisa melakukan pendekatan ke anak lewat hal yang disukai anak. Misalnya kalau anak suka main Instagram, Superparents juga perlu melek Instagram.

 

Baca Juga: PAPA MAMA, INI LHO PENTINGNYA PERAN GEREJA BAGI PERNIKAHAN


Berikut beberapa hal yang diterapkan oleh Gubernur Jawa Tengah dalam mengasuh anak-anaknya:


1. Ikuti Apa yang Disukai Anak

Inilah satu hal yang dilakukan Ganjar untuk mendampingi tumbuh kembang anaknya.
“Saya follower anak saya, tapi sekaligus saya wasit, yang memegang peluit. Kalau kamu offside, aku semprit ya. Kalau kamu berhenti, aku dorong. Kalau kamu terlalu kencang, aku tarik. Tapi aku followermu,” demikian diungkapkan Ganjar.
Jadi sebagai orang tua, Ganjar memposisikan diri sebagai pengawas bagi anak. Waktu bermain sosial media, misalnya, orang tua tetap harus melek memainkan sosial media. Sehingga setiap perilaku dan tindakan yang dilakukan anak bisa tetap terpantau.

2. Hadir di Saat-saat Sulit Anak

Perjalanan hidup tentu saja tak selalu mulus. Hal ini juga dialami oleh semua anak. Jadi ada masanya anak akan menghadapi masa-masa sulit dan paling terpuruk. Misalnya, gagal masuk sekolah pilihan, nilai anjlok, putus cinta, kalah pertandingan futsal, sepakbola dan lainnya. Di masa-masa inilah Ganjar menilai kehadiran orang tua begitu penting bagi anak. Memposisikan diri sebagai pendukung atau support system bagi anak akan membantunya kembali bangkit dari keadaan terpuruk dengan cara yang tepat.

 

Baca Juga: DARURAT KONTEN TIDAK RAMAH ANAK! PAPA MAMA PERLU LINDUNGI ANAK DENGAN 3 HAL INI


Inilah yang dilakukan Ganjar kepada anak-anaknya. Misalnya, saat anak sedang melalui masalah, dia akan mengajak anak ngobrol, bukan sebagai ayah tetapi sebagai sesama laki-laki. Dia mengaku pendekatan ini selalu berhasil membuat anaknya lebih terbuka menyampaikan semua masalah yang dialami.
“Jadi ayah sekaligus teman, sahabat, dan tempat bertanya. Figur ini yang melekat di benak saya tentang Bapak, pun sekarang saya yang menjelaskan peran itu. Tumbuh yang baik, nang. Ada kalanya dunia tak ramah, ayah selalu siap jadi rumah dan Jangan lupa dicontohkan ke anak di rumah ya!' ungkapnya.


Wow! Menarik ya Superparents. Mungkin ada banyak dari orang tua yang belum tahu soal cara menghadapi perilaku anak zaman sekarang. Tapi hari ini kita bisa belajar dua hal penting ini sama halnya seperti yang kita pelajari dari firman Tuhan di Amsal 22: 6, “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK