ARTICLE

Thu - Apr 18, 2024 / 153 / Parenting

Tips Mengajarkan Anak Laki-laki Menghargai Perempuan

Dalam memperingati Hari Kartini, sebagai orang tua, saatnya bagi SuperParents nih untuk memberikan perhatian khusus bagaimana kita membimbing anak laki-laki kita untuk menghargai anak perempuan di sekitar mereka. Ini adalah bagian penting dari mendidik mereka menjadi individu yang penuh kasih dan bertanggung jawab.

Seperti Ayat berikut ini yang dapat mengajarkan bahwa kita semua adalah satu dalam Kristus, tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan bagi Tuhan Yesus. Ini merupakan dasar untuk mengajarkan anak laki-laki kita tentang kesetaraan dan menghargai hak-hak perempuan.

Galatia 3:28 TB
tidak ada hamba atau orang merdeka, tidak ada laki-laki atau perempuan, karena kamu semua adalah satu di dalam Kristus Yesus.

Nah berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, di rumah, sekolah, dan lingkungan bermain:

1. Di Rumah

a. Bersama-sama Melakukan Pekerjaan Rumah: Ajak anak laki-laki SuperDad untuk berpartisipasi dalam pekerjaan rumah tangga bersama dengan sosok perempuan di rumah. Misalnya, membersihkan kamar, mencuci piring atau menyapu halaman.
b. Berbicara dengan Bahasa yang Sopan dan Hormat: Dorong anak laki-laki SuperParents untuk berbicara dengan bahasa yang sopan dan hormat kepada mama, kakak, nenek, atau perempuan lain di rumah. Contohkan sikap saling menghargai dalam komunikasi sehari-hari.

2. Di Sekolah

a. Berbagi Pengetahuan: Dorong anak laki-laki SuperParents untuk berbagi pengetahuan dan ide dengan anak perempuan di kelas tanpa merasa lebih unggul.
b. Berpikir Sebelum Bertindak: Ajarkan anak laki-laki SuperParents untuk berpikir dua kali sebelum melakukan atau mengucapkan sesuatu yang bisa menyakiti perasaan teman perempuan di sekolah. Ingatkan mereka untuk tidak mempermainkan atau meremehkan teman perempuan.
c. Bertindak sebagai Sahabat: Dorong anak laki-laki SuperParents untuk menjadi teman yang baik dan mendukung bagi teman perempuan mereka di sekolah. Ajari mereka untuk melindungi dan membantu teman perempuan yang membutuhkan.

3. Di Lingkungan Bermain

a. Menghargai Pendapat dan Kepentingan: Dorong anak laki-laki SuperParents untuk menghargai pendapat dan kepentingan teman perempuan saat bermain. Ajari mereka untuk berbagi mainan dan ruang bermain dengan adil dan saling menghargai.
b. Menolong Saat Diperlukan: Dorong anak laki-laki SuperParents untuk menawarkan bantuan kepada anak perempuan yang membutuhkan pertolongan atau perlindungan di lingkungan bermain.

Dengan menerapkan tips-tips ini dalam kehidupan sehari-hari anak laki-laki kita, SuperParents dapat membantu mereka untuk menjadi individu yang menghargai dan menghormati perempuan di sekitar mereka, sesuai dengan ajaran Tuhan. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan yang penuh kasih dan saling menghormati, tanpa memandang jenis kelamin.

Semoga tips-tips dan contoh tindakan di atas dapat membantu SuperParents dalam memberikan arahan yang baik bagi anak-anak laki-laki kita, demi terciptanya hubungan yang sehat dan penuh kasih di antara anak-anak kita.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK