ARTICLE

Wed - Nov 28, 2018 / 133 / Sunday School

Tips Anti Gugup untuk Anak, Yuk Dicoba!

Rasa percaya diri harus ditanamkan sejak dini. Percaya diri adalah salah satu hal penting yang juga harus dimiliki anak-anak. Percaya diri juga menjadi nilai tertinggi pada penilaian kompetisi dan dalam membentuk karakter anak. Di masa depan, mereka harus berani mengambil keputusan dan menguasai diri di tengah lingkungan mereka. Jika anak punya masalah dengan rasa percaya diri, maka akan mudah guncang ketika menghadapi pilihan-pilihan dan masalah di masa kelak

Guru sekolah Minggu juga sudah sering menanamkan rasa percaya diri dengan melatih anak-anak lewat paduan suara, menari, drama, dan tampil di hadapan orang tua anak. Namun, kadang terjadi, “Saat latihan semuanya rapih, kompak, dan bagus, kok saat tampil tiba-tiba jelek dan seperti tidak latihan?” Wah, mereka gugup tuh kak. Yuk! Kita simak tips anti gugup saat tampil untuk anak-anak:

Baca juga: TOLONG SEKOLAH MINGGU KAKAK DENGAN KELOMPOK KECIL INI!

1. Pastikan latihan cukup

Kalau mereka masih kurang latihan pasti mereka juga kurang percaya diri dan merasa belum siap. Jadi, pastikan perhitungkan waktu yang cukup agar anak-anak bisa mempersiapkan diri dengan matang. Jangan lupa beri dorongan kepada orang tua agar mau membantu anak-anak mereka berlatih di rumah.

Sumber: mallofqatar.com

2. Bangun suasana asyik saat latihan

Jangan menggunakan kalimat yang membebani anak-anak seperti:

“ Kamu kurang keras suaranya”, “Kok salah terus sih? ”, “Latihannya bagus, nanti tampilnya juga harus bagus ya!”

Kalimat seperti di atas cenderung membuat mereka takut salah dan menjadi  gugup saat tampil. Lebih baik ganti seperti ini: “Suara kamu bagus banget, lebih keras lagi ya supaya kedengeran.”,  “Nggak pa pa  kalau salah, namanya juga latihan, kita coba lagi ya pasti bisa!”, “Ayo semangat, kalian hebat pasti bisa!”

Perkataan positif dan diselipkan sedikit pujian membuat anak-anak merasa percaya diri dan mau latihan lagi dengan semangat. Tapi perkataan negatif membuat mereka ketakutan dan putus asa untuk berusaha mencoba lagi.

 

3. Jangan lupa, buang air kecil sebelum tampil

Beri waktu khusus anak-anak untuk buang air kecil sebelum tampil, apalagi kalau tampil bergrup/kelompok. Biasanya salah satu saja yang ingin buang air, maka anak-anak yang lain juga tiba-tiba ingin buang air kecil. Jangan sampai waktu tampil kalian tinggal beberapa detik, lalu anak-anak merengek minta izin ke toilet.

 

4. Dampingi anak saat tampil

Kakak-kakak harus bisa membaca, apakah mereka siap atau tidak untuk tampil di depan umum. Jika tidak waktu lagi  untuk latihan dan waktu untuk tampil sudah tiba, kakak bisa beri dukungan untuk mereka dengan ikut bersama mereka tampil di depan. Tidak ada salahnya menyanyi dan menari bersama mereka. Atau, bisa juga dengan berdiri menghadap mereka dengan memberikan kode dan arahan gaya, bak’ dirigen paduan suara.

Sumber: Pexels

5. Beri pujian setelah tampil

Mungkin mereka tidak bisa tampil dengan sempurna, tapi jangan lupa berilah senyum, tepuk tangan dan pujian. Hargai usaha mereka dan beri semangat agar mereka mau terus belajar memberi yang terbaik. Mereka akan ‘kapok tampil’ jika melihat wajah ditekuk dari Guru Sekolah Minggunya.

 

6. Beri semangat untuk terus aktif dan ikut ajang kompetisi/ lomba.

Yang terakhir, biasakan aktif mengikuti ajang/ lomba yang mengharuskan tampil di depan umum. Kalau sejak kecil mereka sering dan terbiasa tampil pasti mereka punya rasa percaya diri yang lebih dibandingkan anak-anak yang jarang ikut lomba/tampil. Misalnya mengikuti Superbook Voice, yang terpenting bukan menjadi juara dan mendapat hadiahnya, yang penting adalah mereka percaya percaya bisa menyanyi untuk membanggakan orang tua, dan menyenangkan Tuhan.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK