ARTICLE

Fri - Apr 12, 2024 / 216 / Parenting

Tips Agar Anak Berani Mengatasi Ketakutan Sosial

Ketakutan sosial merupakan hal yang umum terjadi pada anak-anak. Rasa takut ini dapat muncul dalam berbagai situasi, seperti saat bertemu orang baru, berbicara di depan umum, atau mengikuti kegiatan sosial. Ketakutan sosial yang tidak teratasi dapat menghambat perkembangan sosial dan emosional anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk membantu anak mereka mengatasi rasa takut sosial.

1. Bicarakan dengan anak tentang rasa takutnya. Gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anak. Dengarkan dengan penuh perhatian dan tunjukkan bahwa Anda memahami perasaannya.

2. Bantu anak untuk memahami bahwa rasa takutnya tidak selalu realistis. Jelaskan bahwa banyak orang yang merasa takut dalam situasi sosial, dan itu adalah hal yang normal. Gunakan contoh-contoh yang relevan dengan kehidupan anak.

3. Ajarkan anak teknik relaksasi. Bantu anak untuk belajar cara menenangkan diri saat merasa takut. Latihlah teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dan meditasi bersama anak.

4. Berikan dukungan dan dorongan. Bantu anak untuk merasa berani dan percaya diri untuk menghadapi situasi sosial. Berikan pujian atas setiap usaha yang dilakukan anak.

5. Libatkan anak dalam kegiatan sosial. Mulailah dengan kegiatan kecil dan bantu anak untuk secara bertahap meningkatkan kemampuannya dalam berinteraksi dengan orang lain. Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat anak.

Itulah beberapa tips untuk membantu anak mengatasi ketakutan sosial. Namun, penting juga bagi orangtua untuk menjadi contoh yang baik. Tunjukkan kepada anak bahwa bahwa orangtua sendiri merasa nyaman dalam situasi sosial.

Hai Super Parents! Jika menurut Anda arikel ini bermanfaat dan ingin lebih banyak anak-anak yang dijangkau oleh Firman Tuhan. Klik tombol

DONASI

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK