ARTICLE

Mon - Sep 11, 2023 / 1127 / Inspirational

Ternyata Ini Lho 3 Manfaat Dari Membaca Kitab Mazmur Setiap Hari

Seperti yang telah kita ketahui, Kitab Mazmur dalam Alkitab terdiri dari 150 pasal, yang sebagian besar merupakan himne penyembahan dan ungkapan pujian kepada Tuhan. Banyak dari ayat-ayat dalam kitab ini telah menjadi lagu ibadah dalam gereja saat ini. Sejak dari pasal pertama, kitab ini menghadirkan kata-kata yang membangkitkan emosi dan mendalam di dalam hati pembacanya.

Tak heran kalau 3 manfaat ini bisa kita dapatkan saat membaca kitab Mazmur setiap hari: 

Mazmur Bisa Jadi Sumber Kekuatan

Mazmur dapat menjadi sumber kekuatan bagi kita. Banyak ayat dalam kitab ini mengungkapkan rasa syukur dan pujian kepada Tuhan. Saat kita menghadapi masa-masa sulit, Mazmur bisa menjadi sumber inspirasi dan penyemangat.

Sebagai contoh, dalam Mazmur 46:10, “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!”

Ayat ini mengingatkan kita bahwa dalam setiap situasi sulit, Tuhan tetap berkuasa dan merupakan tempat perlindungan yang dapat kita percayai.

 

Baca Juga: 2 CERITA ALKITAB UNTUK AJARKAN ANAK TENTANG RASA HORMAT

 

Mazmur Sebagai Ungkapan Hati Kita

Ketika kita kesulitan mengungkapkan perasaan kita, Mazmur dapat menjadi ungkapan yang mewakili berbagai emosi yang kita alami. Mazmur adalah sarana untuk mengubah emosi kita menjadi kata-kata, baik dalam bentuk keluh kesah maupun pujian.

Contohnya, dalam Mazmur 51:8, “Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali!”

Ini adalah seruan dari Raja Daud kepada Tuhan saat dia merasa putus asa. Lagu ini mencerminkan perasaan Daud yang ingin merasakan sukacita kembali di tengah kesedihannya. Mazmur membantu kita mengungkapkan perasaan kita dalam berbagai situasi yang mungkin kita hadapi dalam hidup.

 

Mazmur Sebagai Panduan Untuk Mendukung Orang Lain

Mazmur juga dapat menjadi panduan bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kitab ini memberi petunjuk tentang cara mengasihi dan memperhatikan kebutuhan orang lain. Kita dapat menyebutnya sebagai panduan pastoral yang membantu kita menjadi pribadi yang lebih empati terhadap sesama.

Sebagai contoh, dalam Mazmur 139:16, “…mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.”

 

Baca Juga: BELAJAR KISAH ALKITAB TENTANG YOHANES PEMBAPTIS

 

Terdapat kata-kata yang mengingatkan kita bahwa Tuhan mengenal kita sejak awal, bahkan sebelum kita lahir. Ayat ini dapat menjadi panduan bagi kita untuk memberikan dukungan kepada orang-orang yang merasa kehilangan kepercayaan diri. Mazmur mengajarkan bahwa setiap individu memiliki nilai yang besar di mata Tuhan. Tentu saja, masih banyak ayat lain dalam kitab ini yang dapat membantu kita memberikan bantuan kepada mereka yang tengah mengalami kesulitan dalam hidupnya.

Jika Anda belum pernah membaca Kitab Mazmur sebelumnya, mungkin saatnya untuk memulainya. Cobalah membuat jadwal rutin membaca satu pasal setiap hari dan rasakan manfaatnya dalam hidup Anda.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK