ARTICLE

Tue - Apr 16, 2024 / 455 / Parenting

TIPS AJAR ANAK MENGANDALKAN TUHAN

SuperParents, sebagai orang tua, satu hal terpenting dalam mendidik anak adalah membimbing mereka untuk mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah hidupnya. Ini adalah fondasi yang wajib SuperParents tanamkan pada anak-anak karena akan membantu mereka menghadapi tantangan hidup dengan keyakinan dan keberanian dalam dunia yang penuh dengan godaan dan rintangan ini. Mengajarkan anak-anak untuk bergantung pada Tuhan juga adalah investasi terbesar yang bisa SuperParents berikan sebagai orang tua.

Coba lakukan beberapa hal ini yuk, untuk ajarkan anak mengandalkan Tuhan.

1. Doa Setiap Hari

Ajarkan anak-anak untuk berdoa setiap hari. Tunjukkan kepada mereka bahwa doa adalah cara untuk berbicara dengan Tuhan dan meminta bimbingan-Nya dalam segala hal. Dengan berdoa, anak-anak belajar untuk mempercayai bahwa Tuhan selalu mendengarkan dan siap membantu mereka.

'Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.' (Matius 7:7)

2. Berpegang pada Janji Tuhan

Ajarkan anak-anak untuk mengenal dan mempercayai janji-janji Tuhan yang tercantum dalam Firman Tuhan yaitu Alkitab. Kata-kata-Nya adalah pegangan yang kokoh dalam setiap situasi. Ceritakan kisah-kisah tokoh Alkitab seperti Daud yang mengandalkan Tuhan dalam menghadapi raksasa Goliat atau Daniel yang tetap setia kepada Tuhan meskipun dihadapkan pada ujian yang sulit maupun kisah Gideon yang selalu andalkan Tuhan meski harus melawan pasukan midian yang jumlahnya jauh lebih banyak dari pasukannya.

'Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku..' (Filipi 4:13)

3. Ajarkan untuk Selalu Bersyukur

Bimbing anak-anak untuk selalu bersyukur atas segala hal, baik yang besar maupun yang kecil sekalipun. Mengajarkan mereka untuk melihat berkat-berkat Tuhan dalam kehidupan sehari-hari akan membantu mereka untuk menghargai setiap momen dan menjaga hati yang penuh sukacita.

'Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu..' (1 Tesalonika 5:18)

4. Beri Contoh Ketergantungan pada Tuhan

SuperParents, berikan contoh yang baik dengan menunjukkan ketergantungan dan ketaatan kita pada Tuhan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak akan belajar lebih banyak dari apa yang kita lakukan daripada dari apa yang kita katakan. Jadilah teladan yang baik bagi mereka.

'Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.' (1 Timotius 4:12)

Mengajarkan anak-anak untuk mengandalkan Tuhan adalah warisan terindah yang bisa kita berikan sebagai orang tua. Dengan memperkuat hubungan mereka dengan Tuhan melalui doa, firman-Nya, rasa bersyukur dan contoh yang baik, kita membantu mereka membangun fondasi iman yang kokoh.

Jika SuperParents merasa artikel ini bermanfaat serta inspiratif, yuk bagikan linknya ke sosial media SuperParents.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK