ARTICLE

Wed - Oct 18, 2023 / 590 / Parenting

Superparents, Jangan Jadikan Anak Pelampiasan Amarahmu!

Rauf, seorang anak berusia 13 tahun baru-baru ini jadi perbincangan publik karena ditemukan meninggal dunia dengan cara yang sangat tragis. Setelah ditelusuri, rupanya anak asal kota Subang, Jawa Barat ini dianiaya ibu kandung, paman dan kakeknya sendiri.

Pastinya sedih ya mendengar kabar tragis ini. Kok bisa ibu kandung sendiri tega aniaya anak? Membesarkan anak memang sadalah tantangan besar. Apalagi jika anak tumbuh dengan peringai yang sulit diatur dan pembangkang, pastinya akan bikin emosi orang tua lepas kendali.

 

Baca Juga: 3 Kalimat Terlarang Saat Marah pada Anak!

 

Meskipun marah adalah emosi yang natural. Namun sebagai orang tua, Superparents perlu tahu seberapa besar batas emosi yang pantas. Karena tanpa sadar kita bisa saja keluar kendali yang berujung pada tindakan yang tak terduga seperti yang menimpa Rauf.

Karena itu penting sekali buat Superparent bisa mengelola emosi. Pastikan untuk memahami bahwa marah itu normal dan memarahi anak adalah bentuk disiplin. Tapi bukan berarti harus kehilangan kendali ya.

Buat para Superparents, berikut 8 tips yang bisa diterapkan untuk mengendalikan emosi saat menghadapi anak yang sulit diatur.

Selain menerapkan beberapa langkah di atas, Superparents juga bisa mengendalikan emosi dengan beberapa dukungan ayat Alkitab berikut ini.

Mazmur 37: 8

Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.

Amsal 14: 29

Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan.

 

Baca Juga: Apa Itu Toxic Parenting? Yuk Temukan di Sini

 

Pengkhotbah 7: 9

Janganlah lekas-lekas marah dalam hati, karena amarah menetap dalam dada orang bodoh.

Efesus 4: 26

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu…

CBN Indonesia terus bergerak melalui pemuridan generasi anak. Salah satu fokus kami adalah memuridkan anak dna juga orang tuanya. Karena itulah kami juga menyediakan program The Parenting Project. Jika Anda ingin menjadi Superparents yang lebih baik, yuk temukan bahan parenting melalui website kami di theparentingproject.id.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK