ARTICLE

Wed - Jan 24, 2024 / 200 / Sunday School

SuperTeacher, Yuk Ajarkan Anak tentang Keadilan di Sekolah Minggu!

Keadilan adalah salah satu nilai moral yang penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Keadilan adalah prinsip yang mengharuskan setiap orang diperlakukan dengan setara, tanpa memandang latar belakang, status sosial, atau kondisi mereka.

Dalam Alkitab, keadilan adalah salah satu sifat utama Allah. Allah adalah Hakim yang adil, yang selalu membela orang-orang yang tertindas dan lemah. Allah juga menuntut umat-Nya untuk hidup adil, baik kepada sesama maupun kepada orang lain.

Oleh karena itu, penting bagi guru sekolah minggu untuk mengajarkan anak-anak tentang keadilan. Berikut adalah beberapa tips untuk mengajarkan anak sekolah minggu tentang keadilan:

1. Mulailah dengan mengajarkan konsep keadilan kepada anak-anak. Jelaskan apa itu keadilan, mengapa keadilan penting, dan bagaimana kita dapat menunjukkan keadilan dalam kehidupan kita sehari-hari.

2. Gunakan cerita Alkitab untuk mengajarkan anak-anak tentang keadilan. Alkitab memiliki banyak cerita tentang keadilan, seperti cerita Musa yang membela orang Israel dari penindasan Firaun, cerita Yesus yang menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati, dan cerita Paulus yang membela orang-orang Kristen yang tertindas.

3. Berikan contoh konkret tentang keadilan. Bicaralah kepada anak-anak tentang situasi nyata di mana keadilan diperlukan. Misalnya, bicarakan tentang pentingnya membela orang-orang yang tertindas, pentingnya membantu orang-orang yang membutuhkan, dan pentingnya jujur dan adil dalam semua aspek kehidupan.

4. Ajak anak-anak untuk mempraktikkan keadilan. Berikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukkan keadilan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Misalnya, ajak mereka untuk membantu orang-orang yang membutuhkan, untuk membela orang-orang yang tertindas, dan untuk bersikap jujur dan adil dalam semua aspek kehidupan mereka.

Berikut adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengajarkan anak sekolah minggu tentang keadilan:

1. Ceritakan cerita Alkitab tentang keadilan. Misalnya, Anda dapat menceritakan cerita Musa yang membela orang Israel dari penindasan Firaun, cerita Yesus yang menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati, atau cerita Paulus yang membela orang-orang Kristen yang tertindas.

2. Bermain peran. Anda dapat mengajak anak-anak untuk bermain peran tentang situasi di mana keadilan diperlukan. Misalnya, Anda dapat mengajak mereka untuk bermain peran tentang seorang anak yang dianiaya oleh teman-temannya, atau seorang anak yang mencuri mainan milik teman-temannya.

3. Diskusi. Anda dapat mengajak anak-anak untuk berdiskusi tentang keadilan. Misalnya, Anda dapat mengajak mereka untuk berdiskusi tentang pentingnya membela orang-orang yang tertindas, pentingnya membantu orang-orang yang membutuhkan, dan pentingnya jujur dan adil dalam semua aspek kehidupan.

4. Tugas. Anda dapat memberikan tugas kepada anak-anak untuk menunjukkan keadilan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Misalnya, Anda dapat meminta mereka untuk membantu orang tua mereka di rumah, untuk menyumbangkan pakaian atau makanan kepada orang-orang yang membutuhkan, atau untuk bersikap jujur dan adil dalam semua aspek kehidupan mereka.

Dengan mengajarkan anak sekolah minggu tentang keadilan sejak dini, kita dapat membantu mereka untuk tumbuh menjadi pribadi yang adil, yang selalu membela kebenaran dan membela orang-orang yang tertindas.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

Tags :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK