ARTICLE

Tue - Jan 09, 2024 / 120 / Parenting

SuperParents, Hindari 5 Luka Masa Kecil Ini Agar Tidak Berlanjut Hingga Anak Dewasa

Masa kecil memiliki peran penting dalam membentuk kepribadian dan perkembangan seseorang. Pengalaman traumatis di masa kecil dapat berdampak besar pada kesehatan mental dan fisik anak di masa dewasa.

Lima jenis luka masa kecil yang dapat berdampak hingga dewasa melibatkan pelecehan fisik, pelecehan emosional, pelecehan seksual, pengabaian, dan perceraian orang tua.

1. Pelecehan fisik, seperti memukul dan menendang, dapat menyebabkan rasa takut dan marah pada anak-anak. Dampaknya bisa berkembang menjadi masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan pada orang dewasa.

2. Pelecehan emosional, termasuk perkataan yang menyakitkan dan penghinaan, dapat menciptakan perasaan tidak berharga dan tidak aman, memberikan dampak serupa di masa dewasa.

3. Pelecehan seksual, sebagai bentuk serangan seksual terhadap anak, dapat menimbulkan rasa malu dan trauma yang berlanjut hingga dewasa.

4. Pengabaian, di mana anak tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang cukup, dapat menciptakan rasa kesepian dan tidak dicintai, memberikan dampak serupa di masa dewasa.

5. Perceraian orang tua juga dapat menjadi sumber traumatis, menciptakan rasa kehilangan dan marah yang dapat memengaruhi kesehatan mental di masa dewasa.

Penting bagi orang tua untuk memahami pola pengasuhan yang benar, mencegah anak-anak mengalami luka masa kecil. Apabila terjadi luka, sensitivitas dan dukungan dari orang tua sangat diperlukan.

Jika diperlukan, mencari bantuan profesional dapat membantu anak-anak mengatasi dampak luka masa kecil mereka. Dengan pemahaman dan perhatian yang tepat, kita dapat membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang kuat dan sehat secara mental.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK