ARTICLE

Wed - Oct 10, 2018 / 498 / Parenting

Single Parent Butuh 10 Cara Ini Untuk Mengurangi Stres Dalam Mengasuh Anak (1)

Menjalani peran sebagai orangtua tunggal bukan hal yang mudah. Dalam waktu bersamaan kamu harus mengambil 2 bagian, menjadi seorang ayah sekaligus ibu. Tingkat stress pasti bertambah karena yang biasanya ditanggung dan dibicarakan berdua, harus kamu tanggung sendiri.

Apapun alasan yang menyebabkanmu menjadi orangtua tunggal, kamu harus bangkit kembali karena kehidupan terus berjalan dan anak-anakmu terus tumbuh besar. Untuk mengurangi stress, sebaiknya kamu melakukan 10 cara berikut ini:

1. Kendalikan keuanganmu!

Keuangan adalah salah satu tantangan terbesar bagi orang tuatunggal. Belajarlah mengelola uangmu secara hati-hati. Minta hikmat Tuhan agar kamu bisa membuat perencanaan keuangan yang benar. Jika suatu kali kamu merasa hampir kekurangan, bacalah Mazmur 50:10. Tuhan pemilik segalanya loh! Dia akan memberikan kamu, anak-Nya, apapun yang menjadi kebutuhanmu.

2. Sering-seringlah membicarakan tentang keadaan keluarga yang sebenarnya dengan anak-anak

Informasi pertama kali yang didengar anak tentang keadaan keluarga harus dari kamu, bukan orang lain! Bicaralah dengan jujur kepada mereka tentang apa yang terjadi.

3. Carilah komunitas yang bisa mendukung dan menguatkanmu

Kamu bisa move on dan menata hidupmu kembali dengan dukungan orang di sekitarmu. Sebagian besar gereja punya komunitas untuk mendukung orangtua tunggal loh. Manfaatkan kesempatan ini untuk bisa mengarahkanmu tetap fokus pada panggilan dan rencana Tuhan dalam hidupmu, sesuai dengan Amsal 11:14.

4. Luangkan waktu untuk anak-anak

Kesibukan bekerja di kantor dan tugas-tugas rumah lainnya akan terasa lebih berat. Belum lagi kamu harus mulai memikirkan tagihan-tagihan setiap bulan. Tapi jangan sampai mengabaikan anak ya. Sisihkan waktu di sore hari misalnya untuk ber-quality time dengan anak.

5. Kamu juga butuh waktu untuk dirimu sendiri

Menjadi orangtua tunggal akan lebih menyita waktumu. Kamu harus benar-benar memperhatikan semua kebutuhan anak. Tanpa kamu sadari, tidak ada lagi waktu untuk dirimu sendiri. Buka wawasanmu dan bangkitlah. Kamu perlu berinteraksi dengan orang dewasa lainnya agar pikiranmu tetap sehat dan terbuka.

Baca artikel selanjutnya: SINGLE PARENT BUTUH 10 CARA INI UNTUK MENGURANGI STRES DALAM MENGASUH ANAK (2)

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK