ARTICLE

Wed - Nov 22, 2017 / 4790 /

Sebaiknya Anda Menghindari 6 Kesalahan Ini Ketika Mendidik Anak Laki-laki

Ternyata SuperParents, membesarkan anak laki-laki berbeda cara lho dengan anak perempuan. Walaupun nilai-nilai dan moral yang disampaikan kepada mereka sama, sebaiknya Anda jangan sampai salah mendidik anak laki-laki. Kesalahan tersebut dapat berdampak pada masa depan anak nantinya lho!

Nah berikut ini beberapa kesalahan dalam mendidik anak laki-laki yang sebisa mungkin SuperParents hindari ya.

 

Mengharapkan anak punya pemikiran yang sama dengan orang tua.

Bila Anda berharap anak laki-laki akan memiliki pemikiran yang sama persis seperti ayah atau ibunya, maka itu tidaklah benar. Anak lelaki, menghadapi masalah yang berbeda dari sudut pandang kedua orangtuanya. Ketika dia beranjak remaja, dia akan semakin tertutup soal perasaannya.

Jadi, biarkan anak Anda menemukan jalannya sendiri dalam mencari solusi dari setiap masalah yang ia temui. Bantulah dia jika dia membutuhkan, dan memintanya secara langsung. Orangtua hanya perlu ikut campur, jika hal yang dilakukan anak merugikan orang lain atau dirinya sendiri.

 

Terlalu berlebihan memberikan batasan.

Memberi batasan terhadap anak memang diperlukan. Namun, jika terlalu banyak batasan, akan membuat anak memiliki kecenderungan untuk melanggarnya. Daripada memberikan batasan yang berlebihan, ajari anak untuk melakukan hal-hal yang tidak melampaui batas.

Misal, jika Anda takut anak terluka karena bermain dengan benda tajam. Pandulah ia untuk menggunakan benda untuk hal sederhana, seperti membersihkan ikan, atau memotong bahan makanan. Tentunya sambil diawasi, dan diberikan peringatan akan bahaya benda tersebut.

 

Membuatnya bosan.

Anak laki-laki butuh aktifitas yang membuatnya bergerak. Jika dia kurang gerak, dia bisa tantrum, menjahili saudaranya, atau membuat keributan di dalam rumah dengan memecahkan barang atau lainnya.

Daripada memberinya gadget yang bisa membuatnya kecanduan. Lebih baik biarkan dia bermain di luar bersama teman-temannya. Mengurung anak di dalam rumah hingga membuatnya bosan, adalah kesalahan dalam mendidik anak laki-laki yang harus dihindari.

 

Memaklumi perilaku mereka dan menganggapnya wajar.

Anak laki-laki memang berbeda dari anak perempuan. Namun, bukan berarti perilaku nakalnya bisa dianggap wajar. Atau jika melakukan hal tak bertanggung jawab, seperti mengejek, memukul teman,  atau membuat anak perempuan menangis.

Hal seperti itu tidak dapat dibenarkan. Dan jika dibiarkan, Anda telah melakukan kesalahan dalam mendidik anak laki-laki. Sedini mungkin, ajari anak lelaki Anda untuk menjadi seorang pria sejati. Yang memperlakukan teman dan anak perempuan dengan baik.

 

Tidak mengijinkan mereka melakukan hal yang dianggap feminis.

Sejak anak lahir, orang di sekelilingnya cenderung memperlakukan dia berdasarkan jenis kelamin yang ia miliki. Misal, anak lelaki tidak diijinkan bermain boneka, dan juga tidak boleh cengeng karena itu bukan sifat anak lelaki.

Demikian pula dalam kesehariannya, anak lelaki didorong untuk melakukan olahraga keras seperti sepakbola daripada bermain musik atau membaca. Kesalahan dalam mendidik anak laki-laki seperti inilah yang sering dilakukan orangtua.

Padahal, seharusnya orangtua membuka kesempatan seluasnya pada anak untuk bereksplorasi. Terhadap semua hal yang membuatnya tertarik.  Biarkan dia merasakan semua pengalaman bermain olahraga yang diperuntukkan untuk pria dan wanita.

Hingga di masa dewasa nanti, dia akan memiliki pemahaman yang baik. Dan tidak mudah berprasangka pada hal-hal yang berbeda dari yang biasa ia lakukan. Dia juga akan memiliki sikap yang lebih baik terhadap perempuan.

Padahal, seharusnya orangtua membuka kesempatan seluasnya pada anak untuk bereksplorasi. Terhadap semua hal yang membuatnya tertarik.  Biarkan dia merasakan semua pengalaman bermain olahraga yang diperuntukkan untuk pria dan wanita.

Hingga di masa dewasa nanti, dia akan memiliki pemahaman yang baik. Dan tidak mudah berprasangka pada hal-hal yang berbeda dari yang biasa ia lakukan. Dia juga akan memiliki sikap yang lebih baik terhadap perempuan.

 

Memanjakan anak laki-laki secara berlebihan.

Kesalahan dalam mendidik anak laki-laki yang terakhir ialah, terlalu memanjakannya. Memanjakan di sini, bukan hanya menuruti semua keinginannya. Tapi juga melakukan semua hal untuknya.

Contoh paling sederhana, orangtua selalu membereskan semua mainannya, mencarikan barang untuknya. Menyiapkan semua keperluan sekolahnya, bahkan mencuci sepatu sekolahnya.

Padahal, hal ini bisa berdampak buruk bagi si anak. Karena dia tidak bisa belajar mandiri dan mengurus dirinya sendiri. Sudah saatnya Anda sebagai orangtua mengajarinya tanggung jawab untuk mengurus diri sendiri.

Ajari dia untuk mencuci sepatu sekolahnya sendiri, menyiapkan keperluan sekolah, juga mencari barang sendiri. Hal ini akan melatih anak untuk bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

 

Anak laki-laki nantinya akan menjadi pemimpin bagi keluarganya. Jadi pendidikan yang Anda terapkan padanya sangat berpengaruh kepada mereka di masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya sedari sekarang hindari kesalahan dalam pengasuhan mereka ya.

Sumber: theAsianParent.com

Baca juga:

LAKUKAN 4 LANGKAH INI AGAR SUPERPARENTS DEKAT DENGAN ANAK!

KUATKAN ANAK DENGAN CARA ALKITABIAH INI, AGAR TIDAK MEMUTUSKAN UNTUK BUNUH DIRI

7 AYAT ALKITAB YANG PENTING UNTUK ANAK-ANAK INGAT DAN PELAJARI

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK