ARTICLE

Mon - Jul 17, 2023 / 1090 / Parenting

Saat Anak Bertanya "Kenapa Harus Taat ke Tuhan?", Begini Jawabannya Superparents

Sebagai orangtua, kita sering dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit dari anak, salah satunya adalah mengapa mereka harus taat kepada Tuhan. Superparents, jawablah pertanyaan ini dengan kalimat sederhana yang mereka bisa mengerti. Misalnya, jelaskan bahwa ketaatan adalah cara kita menunjukkan bahwa kita percaya Tuhan mengasihi kita dan ingin yang terbaik untuk hidup kita. Meskipun Tuhan penuh kasih dan pemaaf, kita juga harus menghindari melakukan kesalahan karena kita mencintai-Nya.

Sebaliknya, ketidaktaatan adalah tindakan yang salah dan egois karena kita hanya mengikuti keinginan kita sendiri, bukan kehendak Tuhan.

 

Baca Juga: Ternyata Inilah Tujuan Mengenalkan Ketaatan dan Peran Orang Tua pada Anak Sejak Dini

 

Sebagai orangtua, bantu anak-anak untuk taat dalam hal-hal yang sederhana, seperti mematuhi perintah orangtua, tidak berkelahi, dan berbuat baik kepada orang lain.

Anda bisa memberikan ilustrasi yang mudah dimengerti, misalnya, seperti spons yang membersihkan kotoran di atas piring. Spons ini menggambarkan ketaatan kita. Ketika anak taat kepada Tuhan, hidupnya juga akan menjadi berkat bagi orang lain.

Ingatkan anak-anak bahwa ketaatan membawa berkat, sama seperti Tuhan memberkati tokoh-tokoh Alkitab seperti Nuh, Abraham, Sadrakh, Mesakh, Abednego, Yusuf, dan yang lainnya.

Namun, selain mengajarkan tentang ketaatan, sebagai orangtua, dukunglah anak-anak dalam doa agar Tuhan memberi mereka hati yang mau taat dan kemampuan untuk memilih yang benar dan salah.

Ini adalah proses yang harus mereka jalani. Mereka mungkin akan mengalami kegagalan, tetapi kuasa Tuhan akan membantu mereka melakukannya.

Ingatkan anak-anak tentang 1 Petrus 1:13-14, bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Ketika mereka gagal, kuasa Tuhan akan memampukan mereka untuk bangkit kembali.

 

Baca Juga: Bagaimana Anak Ini Jadi Rajin Sekolah Minggu?

 

“Sebab itu siapkanlah akal budimu, waspadalah dan letakkanlah pengharapanmu seluruhnya atas kasih karunia yang dianugerahkan kepadamu pada waktu penyataan Yesus Kristus. Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai kamu pada waktu kebodohanmu..” – 1 Petrus 1: 13-14

Sebagai orangtua, Anda juga dapat menyaksikan ilustrasi tentang spons melalui tayangan Superbook Indonesia untuk lebih memahami ketaatan kepada Tuhan.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK