ARTICLE

Fri - Dec 08, 2023 / 326 / Parenting

SUPER AYAT INI BANTU ANAK UNTUK BELAJAR SABAR

Halo, SuperParents! Anak-anak punya energi yang nggak ada habisnya, bukan? Sehingga mereka cenderung punya sifat agresif dan gak sabaran dalam segala hal, untuk itu ngajarin anak-anak tentang kesabaran itu penting banget lho. Yuk, kita cek beberapa super ayat yang bisa jadi inspirasi buat mengajarkan kesabaran pada si kecil!

Enjoy Aja, Tetap Sabar dalam Setiap Tantangan

Roma 12:12 Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

Ayat ini mengajarkan anak untuk tetap bersukacita dan berharap, terus sabar meski dalam keadaan sulit dan tekun dalam berdoa. Bagi anak-anak,ini bisa menjadi pembelajaran bahwa kita bisa lewatin masalah dengan terus berharap dan kesabaran, sebab meski ada rintangan jika kita tetap andalkan Tuhan, Tuhan pasti akan menolong.

Kontrol Emosi dengan Bijak

Efesus 4:2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

Dari ayat ini, anak diingatkan untuk hidup rendah hati, lembut, sabar dan saling menolong. Ini mengajarkan anak-anak buat kontrol emosi dengan bijak dan selalu bertindak dengan kasih.

Sabar dan Berhikmat

Amsal punya hikmat banget, loh!

Amsal 19:11 Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

Anak-anak bisa belajar bahwa sabar itu punya hikmatnya sendiri, sehingga membuat kita dimampukan untuk dapat memaafkan orang lain yang membuat kesalahan pada kita.

Sabar Adalah Buah Roh Kudus

Galatia 5:22-23 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Di ayat ini kita dikenalin sama buah Roh Kudus, salah satunya adalah kesabaran. Mengajarkan anak-anak buat hidup dalam Roh Kudus juga membantu mereka membangun kesabaran.

SuperParents Jadilah Teladan dalam Kesabaran

Ngajarin anak kesabaran enggak cuma dari omongan, tapi juga harus dari contoh nyata. Menunjukkan contoh nyata kesabaran dalam kehidupan sehari-hari menjadi kunci penting. Dengan mendekatkan diri pada firman Tuhan, kita bisa bantu anak-anak untuk pahami kesabaran dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga dengan inspirasi dari super ayat ini, kita bisa membentuk anak-anak yang penuh kesabaran dan bijaksana. Yuk, jadi teladan kesabaran buat mereka!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK