ARTICLE

Fri - Dec 08, 2023 / 662 / Inspirational

SAKSI KELAHIRAN YESUS ADALAH PARA GEMBALA?

Halo SuperParents! Sebentar lagi Natal tiba, dan kita tahu betapa spesialnya kisah kelahiran Yesus. Tapi, pernahkah kita bertanya-tanya tentang peran gembala dalam kisah tersebut? Ternyata gembala punya peran penting dalam momen kelahiran Yesus, lho!

Mengapa Gembala?

Gembala dalam kisah kelahiran Yesus adalah saksi yang pertama kali mendengar kabar gembira dari malaikat dan segera mendatangi tempat kelahiran Yesus di Bethlehem. Gembala mengajarkan kita tentang makna kesederhanaan. Mereka yang hidup di padang gembala, jauh dari kegemerlapan kota, dipilih menjadi saksi atas kelahiran Yesus.

Pesan kesederhanaan ini mengajarkan kita bahwa keindahan kelahiran Juru Selamat tak tergantung pada kemegahan fisik, melainkan pada kehadiran-Nya yang penuh kasih. Mereka bukanlah orang besar, terkenal atau berpangkat tinggi. Gembala, yang mungkin dianggap rendah pada zamannya, dipilih menjadi pembawa kabar kelahiran Juru Selamat untuk semua orang. Ini mengajarkan kita bahwa pesan Natal tidak memandang status sosial atau kekayaan.

Demikian pula, SuperParents diajak untuk mengajarkan anak-anak bahwa kasih dan kabar baik Yesus tersedia untuk semua orang, tanpa terkecuali. Seperti gembala yang mungkin dianggap rendah tetapi menjadi saksi penting dalam cerita Natal dan mereka dengan gembira berbagi kabar ini kepada semua orang.

Begitu juga kita sebagai orang tua, bisa menjadi 'gembala' yang membawa pesan kelahiran Juru Selamat kepada anak-anak dengan cara yang unik dan berkesan seperti berikut ini :

1. Cerita Sederhana di Malam Natal

Ajak anak-anak untuk duduk bersama di malam Natal. Ceritakan kisah kelahiran Yesus dengan bahasa yang sederhana. Jelaskan bahwa setiap kelahiran adalah anugerah besar dan Yesus adalah Juru Selamat yang membawa cahaya dan kasih untuk dunia.

2. Aktivitas Membuat Salju Dari Kapas

Berkumpullah bersama untuk membuat salju dari kapas. Selama beraktivitas, sampaikan pesan bahwa seperti salju yang memutihkan tanah, kelahiran Yesus membawa kebaikan dan kebersihan bagi hidup kita.

3. Pesta Kue Natal Bersama

Ajak anak-anak untuk bersama-sama membuat dan mendekorasi kue Natal. Sambil berkreasi, sampaikan pesan bahwa setiap ornamen dan warna kue melambangkan keunikan dan keindahan yang Yesus bawa ke dalam hidup kita.

4. Menyanyikan Lagu-Lagu Natal Bersama

Ciptakan suasana yang penuh keceriaan dengan menyanyikan lagu-lagu Natal bersama-sama. Lirik-lirik yang penuh makna akan membantu anak-anak memahami pesan kelahiran Juru Selamat dengan cara yang menyenangkan.

5. Kartu Ucapan Natal Kreatif

Ajak anak-anak untuk membuat kartu ucapan Natal kreatif untuk teman-teman atau keluarga. Dalam kartu tersebut, minta mereka menuliskan pesan kecil tentang kebaikan dan kasih yang ingin mereka sebarkan di sekitar mereka.

Melalui peran SuperParents sebagai 'gembala,' kita dapat membawa pesan kelahiran Juru Selamat kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan bermakna. Semoga Natal tahun ini menjadi momen yang penuh sukacita dan inspiratif bagi keluarga kita!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK