ARTICLE

Sat - Jun 08, 2024 / 104 / Daily Devotional

Renungan Keluarga: Taat Berdoa

Shalom Superparents! Berapa kali dalam sehari nih SuperParents mengajak anak-anak untuk berdoa? Apakah 3 kali, 2 kali atau 1 kali? Nah, taukah SuperParents mengajarkan anak untuk taat berdoa harus dilakukan sedini mungkin agar mereka dapat tumbuh dan terbiasa dalam membangun kebiasaan doa mereka.

Hari ini kita akan merenungkan tentang pentingnya doa dalam kehidupan orang Kristen dan bagaimana kita, sebagai orang tua, bisa mengajarkan mereka untuk berdoa dengan taat. Karena doa adalah jembatan utama yang menghubungkan kita dengan Tuhan, dan mengajarkan anak untuk berdoa dengan taat adalah langkah penting dalam membangun iman dan karakter mereka.

Melalui doa, anak-anak belajar untuk:

1. Mengungkapkan Perasaan dan Kebutuhan: Anak-anak bisa menyampaikan rasa syukur, kegembiraan, kesedihan, dan permintaan mereka kepada Tuhan.

2. Mencari Petunjuk: Doa membantu anak-anak untuk mencari petunjuk dan bimbingan dari Tuhan dalam keputusan sehari-hari.

3. Mengembangkan Iman: Dengan berdoa, anak-anak belajar untuk bergantung kepada Tuhan dan mempercayai rencana-Nya dalam kehidupan mereka.

Bagaimana Mengajarkan Anak untuk Berdoa dengan Taat?

1. Memberi Contoh Melalui Praktek Sehari-Hari: Anak-anak belajar banyak dari contoh yang diberikan oleh orang tua. Superparents bisa mengajak anak-anak berdoa bersama setiap hari, seperti sebelum makan, sebelum tidur, atau ketika menghadapi situasi sulit.

2. Mengajarkan Doa-Doa Sederhana: Mulailah dengan doa-doa sederhana yang mudah diingat dan dimengerti oleh anak-anak. Berikut beberapa contoh doa yang bisa diajarkan:
Doa Pagi: 'Tuhan, terima kasih untuk hari yang baru ini. Berkatilah aku sepanjang hari ini. Amin.'
Doa Sebelum Makan: 'Tuhan, terima kasih untuk makanan ini. Berkatilah makanan ini agar menyehatkan tubuh kami. Amin.'
Doa Sebelum Tidur: 'Tuhan, terima kasih untuk hari yang telah berlalu. Lindungi kami sepanjang malam ini. Amin.'

BACA JUGARekomendasi Lagu Rohani untuk Mengajarkan Ketaatan kepada Anak-anak

3. Menggunakan Alkitab sebagai Panduan: Baca dan jelaskan ayat-ayat Alkitab yang berbicara tentang doa dan ketaatan. Salah satu ayat yang bisa digunakan adalah Filipi 4:6:

'Janganlah hendaknya kamu khawatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.'

4. Menciptakan Rutinitas Doa: Buat rutinitas doa yang konsisten dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menetapkan waktu tertentu setiap hari untuk berdoa bersama sebagai keluarga. Konsistensi ini membantu anak memahami pentingnya doa dan ketaatan dalam berdoa.

5. Menghargai Usaha Anak: Berikan pujian dan dukungan ketika anak-anak berusaha untuk berdoa. Penghargaan ini akan memotivasi mereka untuk terus berdoa dan taat dalam berdoa.

Ketaatan dalam doa membantu anak-anak untuk:

1. Belajar Berserah

2. Membangun Hubungan dengan Tuhan

3. Menghadapi Tantangan dengan Iman

Dengan berdoa secara rutin, anak-anak belajar untuk mengandalkan Tuhan dalam segala hal dan membangun hubungan yang kuat dengan-Nya. Dengan memberikan contoh yang baik, mengajarkan doa-doa sederhana, menciptakan rutinitas doa, dan menghargai usaha mereka, kita dapat membantu anak-anak memahami dan merasakan kekuatan doa dalam hidup mereka. Mari kita mulai dari diri kita sendiri dan menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kita, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang taat dan dekat dengan Tuhan.

Download PDF

Audreyline S, Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK