ARTICLE

Thu - Feb 29, 2024 / 213 / Parenting

Rahasia Membuka Pintu Komunikasi dengan Anak?

Berita terbaru ini menyangkut penganiayaan antar anak yang terjadi di sekolah, bahkan mengakibatkan meninggal dunia. Kita ingin membuat anak kita terhindar dari hal ini. Namun, kita tidak tahu bagaimana mereka berinteraksi di sekolah karena keterbatasan komunikasi dan hanya bisa terhubung dengan mereka lewat telepon.
Apakah Anda ingin memastikan anak Anda merasa nyaman berbicara kepada Anda? Terutama tentang masalah serius seperti aksi bullying?
Nah, mari kita belajar cara-cara sederhana untuk membuka pintu komunikasi dengan anak sehingga mereka merasa aman dan terbuka kepada kita.
Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:
1. Dengarkan dengan Sepenuh Hati
Ingat, mendengarkan adalah kunci! Ketika anak berbicara, jadilah pendengar yang baik. Berikan perhatian penuh dan respon yang mendukung. Ini akan membuat mereka merasa didengar dan dihargai.

2. Gunakan Bahasa yang Mendukung
Saat berbicara, hindari kalimat negatif dan gunakan kata-kata yang membangun. Beri pujian saat mereka berbuat baik dan dukung mereka dalam setiap langkah. Dengan begitu, anak akan merasa lebih percaya diri dan nyaman untuk berbagi.

3. Jadilah Bagian dari Keputusan Mereka
Ajak anak terlibat dalam membuat keputusan sehari-hari. Beri mereka kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan merasa memiliki peran penting dalam keluarga. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan keterlibatan mereka.

4. Luangkan Waktu Bersama
Atur jadwal untuk bersama anak, misalnya di akhir pekan atau saat liburan. Ajak anak jalan-jalan, bermain bersama, belajar bersama, dan melakukan kegiatan lainnya. Hal ini akan menciptakan ikatan yang kuat antara Anda dan anak.

5. Tunjukkan Teladan yang Baik
Anak-anak meniru perilaku orang dewasa di sekitar mereka. Oleh karena itu, tunjukkan komunikasi yang baik dan cara yang benar untuk mengungkapkan perasaan. Hindari konflik di depan anak dan selalu tunjukkan kedewasaan dalam menyelesaikan masalah.

Ingatlah...
Setiap anak adalah unik, jadi penting untuk memahami karakter dan kebutuhan masing-masing anak. Dengan mendengarkan, memberikan dukungan, dan menciptakan lingkungan yang aman, Anda dapat membantu anak merasa nyaman dan terbuka kepada Anda. Dengan begitu, mereka akan lebih mungkin untuk berbagi pengalaman mereka dan meminta bantuan jika mengalami bullying atau masalah lainnya. Jadi, mulailah hari ini dengan membuka saluran komunikasi yang hangat dan terbuka dengan anak Anda!

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK