ARTICLE

Sun - Nov 12, 2023 / 330 / Sunday School

RAYAKAN HARI AYAH DENGAN AJAK ANAK BUAT KARTU UCAPAN “SELAMAT HARI AYAH”

Tepat 12 November ditetapkan sebagai perayaan Hari Ayah, peraayaaan Hari Ayah sendiri seringkali tidak mendapat perhatian dan sorotan sebanyak saat Hari Ibu. Hal ini mungkin disebabkan oleh pandangan yang lebih maskulin yang kurang mencolok dari peran seorang ayah. Meskipun begitu, peran ayah tetap sangat penting. Mereka tidak hanya bertanggung jawab dalam mendidik anak-anak agar menjadi anggota masyarakat yang kuat, tetapi sebagai orang Kristen, ayah juga harus menjadi teladan kasih dari Allah Bapa bagi anak-anaknya.

Hubungan antara ayah dan anak sungguh indah, dan mencerminkan cara Tuhan memandang kita sebagai anak-anak-Nya yang sangat dicintai. Sayangnya, tidak semua anak memiliki figur ayah yang hebat dalam hidup mereka.

Oleh sebab itu kakak-kakak di sekolah Minggu dapat mengajarkan anak-anak untuk memahami betapa pentingnya mengenal dan mencintai Allah sebagai Bapa Surgawi dan kekal bagi mereka.

Berikut merupakan ayat yang dapat SuperTeacher gunakan sebagai SuperAyat di Hari Ayah ini:

Keluaran 20:12

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

Roma 8:14-17

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah. Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah.

Keluaran 20:12

Hormatilah ayahmu dan ibumu, supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu.

TANTANGAN MEMBUAT KARTU UCAPAN 'SELAMAT HARI AYAH'

Kakak-kakak dapat mengajak anak-anak sekolah Minggu untuk membuat ucapan Hari Ayah, dengan menyiapkan bahan-bahan di bawah ini:
• Kertas atau bahan
• Gunting
• Lem
• Spidol, krayon, atau pensil warna
• Hiasan tambahan (stiker, glitter, dll.)
• Tali, pipe cleaner, atau pita

Cara pembuatan:

1. Potong kertas atau kain/bahan menjadi bentuk dasi.
2. Hiasi kertas/bahan kain yang telah dibentuk dasi menjadi sebuah kartu ucapan, dengan menambahkan ayat Alkitab, kata-kata, dan pesan.
3. Tambahkan stiker atau hiasan tambahan lainnya sesuai keinginan dan keterampilan dari anak-anak.
4. Tempelkan pada toples kecil berisi permen atau botol soda, atau cukup pasang tali atau pipe cleaner agar bisa digantung sebagai hiasan.

Fokus utama dari pelajaran ini adalah bahwa Allah begitu peduli kepada kita anak-anaknya sehingga Dia mengutus Putra-Nya untuk mati bagi kita semua, dan Dia berjanji untuk selalu bersama kita. Tuhan menyediakan segala yang kita butuhkan dan memiliki tujuan untuk memberikan yang terbaik bagi hidup kita. Kita dapat percaya pada kasih-Nya, serta hidup dalam kehadiran dan perlindungannya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK