ARTICLE

Tue - May 04, 2021 / 587 / Parenting

Permainan Super Seru Sekaligus Edukatif yang Bisa Membangun Keimanan Anak untuk Keluarga

Di bulan ini, kita akan dapat waktu berkumpul dan family time nih karena ada libur lebaran. Berhubung masih masa pandemi dan kita dihimbau untuk tidak keluar kota, lebih baik Superparents mulai merencanakan nih mau melakukan apa dengan anak-anak.

Supaya liburan Superparents bersama anak nanti tetap berisi, menyenangkan, sekaligus edukatif karena membangun keimanan anak, yuk kita lakukan beberapa permainan di bawah ini:

  1. Berburu di Alam

Berburu disini bukan maksudnya membunuh binatang kok Superparents. Jadi tenang… yang dimaksudkan dalam permainan ini adalah anak mendata apa yang mereka lihat di sekitarnya. Melalui permainan ini, anak bisa belajar bersyukur atas alam dan lingkungan yang sudah Tuhan berikan.

Baca juga : 10 KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI ANAK DAN CARA MEMBANGUNNYA

Cara mudah! Superparents hanya perlu mempersiapkan kertas, pensil/ pulpen/ spidol, dan gambar tentang makhluk hidup disekitar anak. Misalkan Superparents bisa membawa anak ke taman kota terdekat dari rumah, lingkungan sekitar rumah yang belum pernah dijelajahi anak, dll. Mintalah anak men-check list apa yang mereka temukan, lalu berdoa dan mensyukuri apa yang mereka temukan.

 

  1. Berenang Seperti Yunus

Nah kalau ada rencana pergi untuk berenang, Superparents bisa memanfaatkan momen ini untuk bercerita tentang kisah Yunus. Jika anak Superparents sudah cukup jago berenangnya, Superparents bisa berpura-pura menjadi ikan besar yang mengejar Yunus untuk memakannya, sedangkan anak menjadi Yunus. Setelah tertangkap ceritakan dan jelaskan makna dari kisah Yunus, agar anak belajar tentang pentingnya mengikuti dan mematuhi perintah Tuhan.

 

  1. Bersinarlah

Superparents membutuhkan baskom atau kolam renang karet yang cukup besar. Taruhlah lilin yang menyala dengan wadah yang bisa mengapung ke tengah wadah atau kolam tersebut. Mintalah anak mematikan api lilin dengan menembaknya menggunakan pistol air. Setelah mati semua, ajarkan kepada anak bahwa mereka harus menjadi terang dunia (Matius 5:14). Ajarkan anak untuk tidak peduli orang-orang yang mau memadamkan sinar kita, dan tetaplah bersinar.

 

  1. Bilas dengan Air

Buatlah anak mengalami pengampunan dari Tuhan Yesus. Caranya meminta mereka mengulurkan tangannya sambil mengucapkan kesalahan yang pernah mereka lakukan. Superparents bisa menuliskan kesalahannya tersebut dengan menggunakan spidol ataupun pewarna lain yang mudah dihapus dengan air.

Baca juga : MENGAPA HARUS TAAT DENGAN ORANG TUA ? INI JAWABAN YANG TEPAT !

Setelah itu ajak anak untuk meminta pengampunan Tuhan lewat doa. Guyur dan bersihkan tangan anak menggunakan air dan sabun. Air melambangkan bahwa mereka sudah diampuni. Setelah selesai, berdoalah bersama, berterima kasih karena Tuhan sudah mengampuni segala dosa-dosa kita.

 

  1. Meluap-luap

Sediakan meja dan beberapa mangkuk berisi sabun berwarna yang dicampur dengan air. Taruh kertas polos dibawah mangkuk, lalu tiup sabun dengan menggunakan sedotan sampai busanya meluap kemudian terjatuh dikertas dan membentuk pola.

Karton yang polos tadi menjadi berwarna karena busa sabun. Keringkan. Lalu jika sudah kering, SuperParents bisa membantu anak-anak membuat karton tersebut menjadi kartu ucapan yang bertuliskan “Kasih Tuhan Meluap-luap Kepadamu”. Mintalah anak untuk memberikan kartu tersebut untuk orang yang menurut mereka butuh motivasi.

Asik sekali ya permainan-permainannya. Kalau SuperParents tertarik melakukan kegiatan yang mana nih saat liburan nanti? Komen di bawah yuk. Selamat mencoba.

Sumber: childrensministry.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK