ARTICLE

Thu - Jun 15, 2023 / 623 / Parenting

Parents Teruslah Berdoa Untuk Hidup Anak-anak Anda Jika Tak Ingin Alami Ini

Buat setiap parents, Anda harus tahu kebenaran ini!

Ada satu hal yang membuat si iblis begitu getol untuk menguasai hidup anak-anak Anda sejak mereka dilahirkan. Yaitu iblis ingin menukar takdir masa depan yang sudah dirancangkan Tuhan atas hidup mereka dengan takdir yang mereka buat sendiri.


Si iblis mulai menulis rencana dan strateginya sendiri untuk menguasai kehidupan anak-anak Anda. Sama seperti Tuhan memiliki kehendak atas hidup setiap orang, demikian juga si iblis punya kehendak lain atas hidup setiap orang. Inilah yang disebutkan dalam 1 Petrus 5: 8, 'Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.'


Bayangkan jika si iblis menukar rancangan Tuhan yang indah atas anak-anak Anda. Seperti ketika Tuhan berkata “anak-anak Anda akan menjadi orang-orang yang berhasil” tetapi si iblis justru menukarnya dengan takdir bahwa “anak-anak Anda akan menjadi anak-anak yang gagal.” Atau ketika Tuha berkata “anak-anak Anda akan menjadi orang-orang yang berpengaruh”, tetapi si iblis menukarnya dengan rancangan bahwa “anak-anak Anda hanyalah pecundang.”

 

Baca Juga: 4 HAL YANG HARUS DIJELASKAN KEPADA ANAK AGAR MEREKA MAU BELAJAR BERDOA

 

Parents, sadarilah bahwa anak-anak yang sedang Anda kandung dalam rahim Anda selama 9 bulan sedang menghadapi perang sengit antara terang dan gelap. Anak-anak Anda terus menerus diserang secara rohani. Bayangkan bagaimana anak bisa menghadapi peperangan ini jika Anda sebagai orang tua tidak lagi menghidupi peran penting yang Tuhan minta untuk dilakukan yaitu “berdoa bagi anak-anak Anda dan tidak lagi mengajarkan mereka tentang kebenaran firman Tuhan”.

Saat orang tua tidak lagi melakukan dua hal penting ini, saat itulah si iblis dengan leluasa masuk untuk mendikte nasib anak-anak Anda. Belas kasihan Tuhan dan kasih karunia-Nya yang menyertai anak ketika mereka pergi keluar rumah setiap hari dan kembali ke rumah dengan selamat.


Meningkatnya kejahatan dan kekerasan di jalanan, menjadi kesempatan bagi si iblis untuk menggiring anak-anak Anda ke tempat dan waktu yang salah. Berapa kali Anda mendengar anak yang pergi dan tak lagi kembali ke rumah? Kita hidup di tengah dunia yang jahat, sehingga si iblis akan memastikan Anda dan anak-anak Anda tidak akan pernah merasakan kebaikan Tuhan. Meskipun Tuhan itu selalu setia, tetapi Dia juga menginginkan kita untuk selalu berdoa karena ada hal-hal yang tidak akan dilakukan Tuhan kecuali jika kita memohon dalam doa.

Alkitab menyampaikan bahwa ada banyak malaikat yang bernyanyi memuji Tuhan. Meski begitu, Raja Herodes tetap saja berusaha untuk membunuh bayi Yesus meskipun Dia adalah anak Allah. Sehingga Allah harus memerintahkan Yusuf untuk mengamankan bayi Yesus.

 

Baca Juga: 7 MANFAAT YANG BISA ANAK DAN ANGGOTA KELUARGA DAPATKAN SAAT BERDOA BERSAMA

 

Apa yang parents perlu pahami dari hal ini?

1. Iblis akan terus menyerang Anda dan anak-anak Anda.


Jika iblis tidak bisa menyentuh Anda, dia akan mengincar anak-anak Anda karena dia tahu bahwa cara terbaik untuk menyerang Anda adalah dengan menyerang nasib mereka. Iblis sering membuat perangkap dan mengubah masa depan mereka menjadi rusak.


Si iblis bisa saja mempengaruhi karakter anak-anak Anda. Misalnya ketika mereka pulang ke rumah dengan karakter yang berbeda, itu artinya ada serangan rohani yang terjadi. Saat hal ini terjadi, periksa kembali apakah Anda sudah melakukan tugas Anda untuk berdoa dan mengajarkan mereka kebenaran firman Tuhan?

Efesus 6: 11 berkata, 'Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis.' Doa dan firman Tuhan adalah bagian dari perlengkapan sejata Allah yang patut kita kenakan untuk melindungi anak-anak kita.

 

2. Iblis akan lebih mudah menyerang anak-anak Anda ketika Anda mulai lengah.


Saat Anda mulai santai dan terlena dengan semua kesenangan Anda sendiri, ketika Anda dan pasangan bertengkar setiap hari, atau ketika hidup Anda tidak menjadi teladan bagi anak. Saat itulah si iblis dengan mudah menghancurkan anak-anak Anda. Mereka tidak perlu memakai orang lain untuk merusak hidup anak-anak Anda. Tetapi si iblis akan memakai Anda untuk menghancurkan anak-anak Anda sendiri.

Yakobus 4: 7-8 berkata, 'Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!' 

 

3. Iblis akan merampas otoritas yang Tuhan berikan kepada Anda.

Sebagai orang tua ketika Anda tidak lagi mengandalkan doa dan firman Tuhan untuk membesarkan anak-anak Anda, maka si iblis akan merampas peran Anda. Tuhan sendiri akan meminta pertanggungjawaban Anda jika Anda gagal melakukan tugas Anda untuk melindungi anak-anak Anda dari serangan si iblis.

Anak-anak Anda mungkin tidak tahu cara berdoa, tetapi Tuhan berharap Anda menjadi pendoa syafaat bagi mereka sepanjang hari. Karena Tuhan sendiri telah menitipkan mereka kepada Anda.

Jadi dalam segala keadaan mari pergunakan otoritas kita, yaitu kuasa yang Tuhan sudah berikan. Dalam Efesus 6:16, kita diperintahkan untuk menggunakan 'perisai iman' yang berkuasa memadamkan panah api dari si jahat.

 

Baca Juga: CARA MUDAH MENGAJARKAN ANAK BERDOA SEBELUM TIDUR DAN JENIS-JENIS DOANYA


Penting sekali untuk terlibat secara aktif dalam hidup anak-anak Anda, mengajari mereka jalan-jalan Tuhan dan memberikan teladan positif, mendoakan mereka, membimbing mereka dan melindungi mereka dari pengaruh buruk. Jadi berdoalah untuk keselamatan dan perlindungan mereka dan biarkan Tuhan yang berkehendak sepenuhnya atas jalan hidup dan masa depan mereka.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK