ARTICLE

Tue - Feb 13, 2024 / 431 / Parenting

Orang Tua Bersikap Adil, Apakah Bisa?

Adil adalah salah satu sifat dasar manusia yang harus dimiliki oleh setiap orang, termasuk orang tua. Bersikap adil berarti memberikan sesuatu kepada orang lain sesuai dengan haknya. Dalam konteks orang tua dan anak, adil berarti memberikan perlakuan yang sama kepada semua anak, tanpa membeda-bedakan.

Dalam Alkitab, keadilan merupakan salah satu sifat yang ditekankan oleh Tuhan. Tuhan adalah Allah yang adil, dan Dia menuntut keadilan dari umat-Nya, termasuk dari orang tua. Misalnya, dalam Kitab Matius 23:23, Yesus berfirman:

'Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai orang-orang munafik, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan, dan mengabaikan hal-hal yang lebih penting dalam hukum Taurat, yaitu keadilan, belas kasihan dan kesetiaan. Hal-hal inilah yang seharusnya kamu lakukan, tanpa mengabaikan yang lain.'

Dalam ayat ini, Yesus mengkritik para ahli Taurat dan orang-orang Farisi yang hanya memperhatikan hal-hal kecil dalam hukum Taurat, seperti membayar persepuluhan, tetapi mengabaikan hal-hal yang lebih penting, salah satunya adalah keadilan.

Keadilan dalam keluarga akan membawa dampak positif bagi anak-anak, antara lain:

1. Membangun rasa percaya diri anak

Anak-anak yang diperlakukan secara adil akan merasa dihargai dan dihormati. Hal ini akan membangun rasa percaya diri mereka.

2. Meningkatkan hubungan kasih sayang antara orang tua dan anak

Keadilan akan membuat anak-anak merasa dicintai oleh orang tua mereka, tanpa memandang perbedaan. Hal ini akan meningkatkan hubungan kasih sayang antara mereka.

3. Mencegah terjadinya konflik dalam keluarga

Ketidakadilan dapat menyebabkan anak-anak merasa iri, marah, dan kecewa. Hal ini dapat memicu terjadinya konflik dalam keluarga.

Berikut adalah beberapa tips untuk bersikap adil kepada anak-anak:

1. Pahami kebutuhan masing-masing anak

Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Orang tua harus memahami kebutuhan masing-masing anak agar dapat memberikan perlakuan yang sesuai.

2. Hindari membandingkan anak satu dengan yang lainnya

Membandingkan anak satu dengan yang lainnya dapat menyebabkan anak merasa tidak dihargai.

3. Bersikaplah konsisten

Anak-anak perlu tahu bahwa orang tua mereka akan bersikap adil dalam segala situasi.

Jika Anda dapat menerapkan tips-tips di atas, maka mereka akan lebih mudah untuk bersikap adil kepada semua anak-anaknya.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK