ARTICLE

Thu - May 11, 2023 / 568 / Sunday School

No Gadget! Latih Anak Tetap Tenang dan Fokus Ikut Ibadah Dengan 10 Tips Ini

Beribadah dengan tenang bersama anak merupakan suatu hal yang penting bagi orang tua yang ingin membiasakan anak untuk menjalani ibadah. Namun, beribadah dengan anak bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika anak masih kecil dan mudah bosan. Untuk membantu orang tua agar anak tetap fokus dan tenang selama ibadah, berikut adalah beberapa tips beribadah dengan tenang bersama anak yang bisa diterapkan.

1. Beri Pengertian Pada Anak

Memberikan pengertian pada anak tentang pentingnya kehadiran di gereja dan mengikuti ibadah secara tenang bisa membantu anak memahami arti dari ibadah dan kehadiran mereka di dalam gereja. Berikan penjelasan yang mudah dimengerti dan sederhana tentang nilai-nilai agama yang diajarkan dalam ibadah. Hal ini dapat membantu anak untuk lebih memahami dan menghargai ibadah yang sedang dilakukan.

 

Baca Juga: KEREN! LEWAT SUPER PASKAH BERSAMA SUPERBOOK, BANYAK ANAK DAN KELUARGA YANG DIPULIHKAN

 

2. Siapkan Persiapan Anak Sebelum Beribadah

Siapkan anak dengan persiapan yang cukup sebelum ke gereja, seperti memberikan makanan dan minuman yang cukup, dan memastikan bahwa anak telah beristirahat dengan cukup. Dengan kondisi fisik yang cukup, anak akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus pada ibadah.

 

3. Bawa Mainan atau Buku

Bawa beberapa mainan atau buku yang cocok untuk usia anak, yang dapat membantu anak tetap fokus dan tenang selama ibadah. Anak dapat bermain dengan mainan atau membaca buku saat mereka merasa bosan atau tidak tertarik dengan ibadah. Pilih mainan atau buku yang tidak berisik atau tidak akan mengganggu orang lain yang sedang beribadah.

 

4. Duduk Dekat Pintu Keluar

Duduklah di dekat pintu keluar atau area yang memungkinkan Anda untuk keluar dengan mudah jika anak mulai rewel atau perlu pergi ke toilet. Hal ini dapat membantu Anda untuk keluar dari gereja dengan mudah tanpa mengganggu orang lain yang sedang beribadah. Jika memungkinkan, pilihlah tempat duduk di area yang dekat dengan toilet untuk memudahkan Anda dan anak dalam mengakses toilet jika diperlukan.

 

Baca Juga: APAKAH KITA HARUS MEMAKSA ANAK RAJIN IBADAH KE SEKOLAH MINGGU? INI JAWABANNYA

 

5. Berikan Pujian atau Hadiah

Berikan pujian atau hadiah kepada anak setelah ibadah sebagai motivasi dan penghargaan atas perilaku yang baik selama ibadah. Hal ini dapat membantu anak merasa senang dan termotivasi untuk beribadah dengan baik pada kesempatan selanjutnya. Berikan pujian secara tulus dan jangan memberikan hadiah yang terlalu besar atau berlebihan, karena hal ini dapat membuat anak menjadi terlalu fokus pada hadiah daripada pada ibadah.

 

6. Ajak Anak Berpartisipasi dalam Ibadah

Ajak anak untuk ikut serta dalam berdoa, menyanyi, dan berpartisipasi dalam kegiatan ibadah yang sesuai dengan usia mereka. Hal ini dapat membantu anak merasa lebih terlibat dan bersemangat dalam ibadah. Berpartisipasi dalam kegiatan ibadah juga dapat membantu anak memahami nilai-nilai agama yang sedang diajarkan dalam ibadah. Namun, pastikan untuk memilih kegiatan yang sesuai dengan usia anak, sehingga anak dapat mengikuti dengan mudah dan tidak merasa terbebani.

 

7. Tunjukkan Contoh yang Baik

Orang tua harus memberikan contoh yang baik dalam beribadah. Pastikan Anda juga fokus pada ibadah dan menghindari gangguan yang dapat mengalihkan perhatian anak. Tunjukkan pada anak bahwa ibadah adalah suatu hal yang penting dan harus dilakukan dengan penuh konsentrasi dan ketenangan.

 

Baca Juga: TIPE-TIPE GURU SEKOLAH MINGGU SAAT MENGHADAPI ANAK YANG TANTRUM SAAT IBADAH

 

8. Ajak Anak untuk Bertanya

Berikan kesempatan pada anak untuk bertanya tentang ibadah atau nilai-nilai agama yang diajarkan dalam ibadah. Hal ini dapat membantu anak memahami dengan lebih baik tentang makna ibadah dan nilai-nilai agama yang sedang diajarkan. Jangan ragu untuk memberikan jawaban yang mudah dimengerti dan sederhana.

 

9. Ajak Anak untuk Mengingatkan Anda

Ajak anak untuk membantu Anda dalam mengingatkan diri sendiri atau orang lain yang sedang beribadah untuk tetap tenang dan fokus pada ibadah. Hal ini dapat membantu anak merasa terlibat dalam ibadah dan memahami bahwa ibadah harus dilakukan dengan penuh konsentrasi dan ketenangan.

 

10. Beri Apresiasi pada Anak

Terakhir, jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada anak atas usaha dan perilaku baik selama ibadah. Beri pujian dan kata-kata yang positif untuk menguatkan dan memotivasi anak untuk terus beribadah dengan tenang dan fokus. Hal ini juga dapat membantu anak merasa lebih terlibat dan senang dalam beribadah.


Dalam beribadah dengan anak, kesabaran dan konsistensi dari orang tua sangatlah penting. Beribadah dengan tenang bersama anak bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan menerapkan tips di atas, Anda dapat membantu anak untuk tetap fokus dan tenang selama ibadah. Hal ini dapat membantu anak memahami nilai-nilai agama yang diajarkan dalam ibadah dan membiasakan anak untuk beribadah dengan penuh konsentrasi dan ketenangan.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK