ARTICLE

Tue - Apr 04, 2023 / 1174 / Parenting

Menjelaskan Makna Jumat Agung Kepada Anak

Menjelaskan Jumat Agung kepada anak-anak tidaklah mudah, terutama bagi anak-anak yang lebih kecil. Namun, ini adalah salah satu fondasi terpenting dari iman kita sebagai orang Kristen. Puncak Paskah pada hari Minggu adalah kegembiraan dan perayaan yang luar biasa, tetapi didahului oleh kematian Yesus yang sangat jelek, brutal, dan tampaknya tidak masuk akal dari orang yang tidak bersalah. Sebagai orang tua, penting untuk mendekati topik ini dengan anak-anak kita karena penyaliban pada hari Jumat Agung adalah sesuatu yang perlu kita nyatakan bagi mereka.

Untuk menjelaskan hal ini kepada anak-anak, kata menyalibkan berarti “melekat salib.” Itu adalah cara mati yang paling mengerikan dan menyakitkan. Bacakan ayat-ayat Alkitab bersama anak-anak untuk menjelaskan hal ini, seperti dari Matius 27, Markus 15, Lukas 23, Yohanes 19, Kisah Para Rasul 2:23, Filipi 2:8.

Ceritakan apa yang sebenarnya Yesus lakukan di detik-detik terakhir sebelum Dia disalibkan. Misalnya, menyampaikan bahwa Yesus membasuh kaki para murid, mengadakan Perjamuan Terakhir, dan Dia menerima pengkhianatan dari Yudas. Jumat Agung adalah hari dimana orang percaya merenungkan kembali penderitaan Yesus.

 

Baca Juga: BAGAIMANA MENGAJARKAN ARTI JUMAT AGUNG KEPADA ANAK-ANAK?

 

Untuk membantu anak-anak memahami makna Jumat Agung, orang tua dapat melakukan beberapa hal ini:


1. Minta anak-anak Anda untuk menceritakan dengan kata-kata mereka sendiri tentang apa yang terjadi pada Yesus pada hari Jumat Agung. Hal ini akan membantu Anda memahami apa yang perlu Anda jelaskan dengan lebih baik atau bagaimana Anda dapat menghubungkan cerita tersebut dengan cara yang berbeda.

2. Beritahu anak-anak Anda bahwa tidak apa-apa untuk merasakan perasaan sedih, syukur, dan pertobatan yang datang bersamaan dengan Jumat Agung. Bicaralah dengan anak-anak secara terbuka tentang perasaan Anda pada Jumat Agung dan beritahu mereka bahwa Anda ada di sana untuk mendengarkan.

 

Baca Juga: INILAH CARA MENJELASKAN JUMAT AGUNG KEPADA ANAK TANPA MEMBUATNYA TAKUT 

 

3. Rencanakan waktu untuk mengajarkan anak. Sediakan petunjuk jurnal yang dapat mereka tulis atau gambar dengan petunjuk Salib. Untuk anak-anak yang lebih kecil, pilihlah lagu yang mengingatkan mereka akan kasih Tuhan yang besar bagi kita. Rencanakan waktu reflektif yang sesuai dengan usia dan kebutuhan keluarga Anda.

4. Tekankan kata-kata Yesus kepada penjahat di samping-Nya yang menaruh imannya kepada Yesus sebelum nafas terakhirnya: 'Aku mengatakan yang sebenarnya, hari ini kamu akan bersamaku di surga.' (Lukas 23:43).

Meskipun ada kesedihan yang luar biasa dirasakan pada Jumat Agung, Yesus juga memberikan gambaran tentang apa yang akan datang – surga dan kehidupan kekal bersama-Nya.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK