ARTICLE

Wed - Jan 16, 2019 / 671 / Parenting

Menjadi Orangtua yang Sukses Dalam Mendidik Anak Sesuai Firman Tuhan

Semua orangtua pasti ingin mempunyai keluarga yang sukses. Namun parenting atau pengasuhan anak sendiri tidak semudah yang dibayangkan, malahan menjadi sangat menantang! Cara mudah untuk mencapainya bisa dimulai dari menanamkan karakter orangtua sukses dalam diri Anda. SuperParents bisa lho mencari teladan disekitar Anda yang tentunya takut akan Tuhan juga lho.

Kami sendiri sebagai keluarga muda, ingin sekali anak kami mempunyai kelakukan yang baik,  karakter sebagai pengikut Kristus, dan ia siap menghadapi dunia yang penuh tantangan ini. Oleh karena itu, kami mulai mengamati dari sekarang, bagaimana sih kehidupan para orangtua Kristen yang sukses mendidik anaknya dengan karakter Kristus. Beberapa hal ini yang kami dapat:

1. Mereka mencintai Tuhan dengan segenap hati.

Semua tercermin dari kehidupan mereka bukan hanya kata-kata yang dilontarkan. Hasilnya, anak-anaknya menjadi haus akan Tuhan dan mampu membangun hatinya untuk kemuliaan nama-Nya. Poin inilah yang kami dapatkan.

Kita perlu mengajarkan anak kita tentang Tuhan dan iman sedari dini (kalau saya, bahkan di dalam kandunganpun saya ajak berdoa), mendukung mereka untuk mencintai-Nya dan Firman-Nya, serta mengikut-Nya. Tapi ya kita tidak bisa terlalu memaksakan hati mereka ya’.

 

2. Tetap mencari nasehat dan konseling.

Kita terkadang malu dan malas sekali ya kalau masalah kita dengan anak diketahui oleh orang. Orang akan mengecap kita sebagai orangtua yang gagal atau tidak baik. Tapi kenyataannya orangtua pasti punya berbagai macam tantangan dalam mendidik anak, apalagi saat mereka beranjak remaja.

Orangtua yang bijak akan mencari pendapat/nasihat/ konseling yang berpusat pada Tuhan. Atau bisa meminta pendapat pada orangtua lainnya yang berhasil mendidik anak mereka dan pendeta. Ada kalanya kita membutuhkan perspektif orang lain dalam melihat masalah.

Parenting memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan kita sendiri, itu sebabnya kita memerlukan kebijaksanaan. Baik dari Tuhan ataupun lewat orang lain. Siapa tahu orang itu dipakai Tuhan untuk menyampaikan jawaban atas permasalahan yang kita hadapi.

 

3. Mereka mempunyai aturan yang ditegakkan secara konsisten.

Keluarga yang baik harus mempunyai aturan dan tata krama. Aturan memang kadang terliat kaku, namun ini membantu anak untuk mengetahui batasan-batasan apa saja dalam hidup mereka. Tentunya orangtua harus melakukannya secara konsisten lho! Pastikan aturan yang berlaku dalam keluarga itu sesuai dengan Firman Tuhan ya.

Selalu jadikan Alkitab sebagai dasar dalam membuat aturan yang ada. Jadi ketika anak melanggar aturan tersebut, SuperParents bisa menunjukkan dan mengajarkan kepada mereka betapa pentingnya hidup sesuai dengan Firman Tuhan. Konsisten adalah hal yang sulit dalam parenting, tapi juga penting. Jadi tetap tegakkan serta jelaskan alasannya kepada anak ya.

 

4. Mereka secara konsisten mendoakan anaknya setiap hari.

Apakah SuperParents sudah mendoakan anak setiap hari? Kalau belum, yuk mulai dari sekarang. Mendoakan mereka adalah salah satu bentuk kasih sayang orangtua pada anaknya. Biarkan Tuhan turut campur dalam dalam mendidik mereka setiap harinya juga ya.  Serahkanlah masa depan anak-anak SuperParents kepada Tuhan.

 

Itulah 4 cara mendidik anak dengan cara Kristen. Kiranya artikel ini dapat membantu Anda dan para orangtua lain di seluruh Indonesia. Ingin mendukung kami dalam membantu gereja dan orangtua di seluruh Indonesia? Caranya mudah, hanya tinggal

klik disini

maka Anda sudah menolong banyak orang.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK