ARTICLE

Thu - Mar 02, 2017 / 3776 / Sunday School

Mengajarkan Firman Tuhan Kepada Anak, Sebagai Tugas Gereja

        Misi Tuhan Yesus dalam rangka menyelamatkan dunia diserahkan kepada gereja (Yoh. 20:21; Kis. 1:8). Gereja diharapkan berusaha dengan segenap kesanggupan membawa setiap orang termasuk anak-anak, kepada suatu hubungan yang vital dan bersifat pribadi dengan Allah.

        Salah satu upaya untuk melaksanakan misi tersebut ialah dengan mengajar. Mengajar merupakan aktivitas penting yang dilaksanakan oleh komunitas umat percaya dalam Perjanjian Lama maupun gereja dalam Perjanjian Baru. Melalui pengajaran, Allah membuat Firman-Nya diketahui oleh umat-Nya sehingga pribadi, karya, dan rencana Allah dapat dimengerti oleh manusia.

        Lamath adalah istilah yang paling umum dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di PL. Secara harafiah kata tersebut berarti memukul dengan tongkat atau memberikan dorongan bagi peniruan atau perbuatan. Fokus utama lamath ialah mendisiplin, mendorong, membimbing, dan melatih orang untuk takut akan Tuhan (Ul. 4:5, 10; 14:23; 17:19; 31:12, 13; 2 Sam. 1:18; 22:35; Mzm. 32:8; Yes. 25:9; Yer. 31:34). Selain itu kata paideuin juga dipergunakan untuk mengistilahkan pendidikan atau pengajaran (Im. 20:26). Kata tersebut kemudian diterjemahkan menjadi pedagogi yang mengandung makna bahwa pendidikan merupakan pelajaran untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan sebagai pemilik umat-Nya melalui pengajaran Taurat, atau dengan kata lain mengarahkan manusia untuk hidup kudus (Ams. 1:7).

        Istilah yang paling sering muncul dalam Perjanjian Baru (PB) tentang mengajar ialah didasko. Kata tersebut ditulis sebanyak 95 kali baik dalam Injil Sinoptik, Kisah Para Rasul, maupun surat-surat dalam PB. Didasko memiliki makna: mengabarkan, memanggil untuk mengambil keputusan, menyalurkan seperangkat doktrin yang harus dikuasai agar dapat lestari. Kata ini kerap dihubungkan dengan tugas Tuhan Yesus dan para rasul sebagai pengajar dalam menyampaikan Firman Tuhan. Secara umum kata mengajar dalam PB memiliki arti to instruct and train children. Kata tersebut terkadang juga dimaknai dengan kegiatan mendisiplin (Ibr. 12:6-7, 10). Lebih jauh PB menjelaskan bahwa mengajar berarti upaya pengelolaan aktivitas agar peserta didik mengetahui sesuatu (to know), mempunyai sikap dan perasaan (to feel) terhadap apa yang dipelajari maupun diri sendiri, serta mampu hidup sesuai dengan pengertian yang telah diterimanya (to do).     

        Fungsi mengajar anak di gereja adalah memperkokoh ajaran dan pengalaman yang diterima anak dalam rumah tangga. Pembelajaran tersebut memiliki makna yang sangat penting terutama bagi anak yang tidak pernah atau jarang menerima ajaran iman dari orangtua. Gereja melalui kegiatan SM bertanggung jawab mengajar anak dalam konteks keluarga baru sebagai tubuh Kristus (Ul. 6:4-7; Mat. 12:45-50; Ef. 5:22-6:4). Salah satu upaya mengajar anak, dilaksanakan dengan cara menyampaikan atau mengkomunikasikan Firman Tuhan. Itu sebabnya mengajarkan Firman Tuhan menjadi bagian yang harus ada dalam rangkaian liturgi Sekolah Minggu, dengan catatan bahwa metode penyampaian perlu variatif. Namun yang lebih utama, mengajar juga berkaitan dengan apa yang dikatakan oleh Rasul Paulus, ”menjadikan diri sebagai teladan” bahkan mampu menjadi ”bapa dan ibu” bagi setiap anak yang diajar (1 Tes. 1:7, 11). Demikian hal nya dengan Tuhan Yesus, saat mengajar Ia tidak sekedar berteori melainkan membagi hidup melalui keteladanan.

 

        Sudahkah gereja Anda melaksanakan tugas penting yakni mengajar anak-anak? Jika sudah, laksanakanlah dengan baik sebab ”mengajar anak adalah kehendak Allah”. (Yeni Krismawati, MPdk.)

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK