ARTICLE

Thu - Mar 14, 2024 / 167 / Daily Devotional

Mengajarkan Anak tentang Kasih dan Pengampunan: Kisah Nabi Yunus

Halo SuperParents!
Mari kita ajak anak-anak untuk menyelami Kasih dan pengampunan Tuhan yang luar biasa melalui kisah Nabi Yunus. Kisah ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak untuk belajar tentang Kasih dan pengampunan Tuhan. Yunus adalah seorang Ibrani yang takut akan Tuhan. Meskipun Tuhan memerintahkan Yunus untuk pergi ke kota Niniwe, ia memilih untuk pergi ke Tarsis. Yunus berusaha menghindar dari Tuhan karena Niniwe dianggapnya penuh dengan musuh Tuhan dan pembunuh umat-Nya. Meskipun Tuhan ingin menunjukkan penghakiman-Nya agar mereka bertobat, meminta ampun, dan menerima kasih-Nya, Yunus menolaknya dengan mengatakan, 'Jika mereka binasa, biarlah mereka binasa.' Meskipun demikian, Tuhan tetap ingin menyelamatkan Niniwe.

Selama perjalanan ke Tarsis, Tuhan mengirimkan angin ribut ke laut, menyebabkan badai. Yunus, karena orang-orang mengetahui bahwa ia melarikan diri dari hadapan TUHAN, dilemparkan ke laut dan ditelan oleh seekor ikan besar. Ia tinggal dalam perut ikan selama 3 hari 3 malam. Selama di dalam, Yunus berdoa. Akhirnya, Tuhan memerintahkan ikan itu untuk memuntahkannya ke daratan.

Setibanya di Niniwe, Yunus menaati perintah Tuhan dan memberitakan firman-Nya kepada penduduk kota. Mereka pun percaya kepada Allah, menyatakan tobat, dan mengumumkan puasa, dari orang dewasa hingga anak-anak. Akhirnya, Allah tidak memberikan malapetaka kepada Niniwe.

Kisah Yunus mengajarkan kita tentang belas kasih Tuhan. Meskipun kita mungkin memiliki musuh atau orang yang membuat kita kesal, Tuhan ingin kita menegur bahkan berdoa untuk mereka agar dapat berubah. Untuk mengasihi orang lain, kita perlu mengenal kasih Tuhan terlebih dahulu sebelum membagikannya kepada orang lain.

Ulangan 4:31 (TB)
Sebab Tuhan, Allahmu, adalah Allah Penyayang, Ia tidak akan meninggalkan atau memusnahkan engkau dan Ia tidak akan melupakan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu.

Setelah SuperParents selesai membahas kisah Nabi Yunus bersama anak-anak, mari kita ajak mereka untuk melanjutkan petualangan mereka dengan menonton animasi Superbook tentang Yunus.

Klik Video dibawah ini!

 

 

Download PDF

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK