ARTICLE

Wed - Feb 08, 2023 / 3432 / Inspirational

Memahami Peran dan Kewajiban Pendeta di Dalam Gereja

Bagi umat Kristen, pendeta dikenal sebagai pemimpin di dalam gereja. Dia berperan menggembalakan dan memperlengkapi jemaat untuk mengalami pertumbuhan rohani.


Menjadi pendeta adalah sebuah panggilan untuk mengerjakan Amanat Agung, seperti yang diperintahkan Yesus di Matius 28: 18-20, “Yesus mendekati mereka dan berkata: 'Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”

Peran pendeta sendiri di masa ini mirip dengan apa yang Yesus sudah lakukan sebelum kematian-Nya. Untuk menggembalakan umat, seorang pendeta memiliki kewajiban untuk:

1. Memimpin dengan kuasa Tuhan

Untuk memimpin dengan otoritas Tuhan, seorang pendeta harus membangun hubungan yang baik dengan Tuhan. Seorang pendeta akan memberikan seluruh hidupnya untuk selalu mencari hadirat Tuhan.
Seorang pendeta perlu meneladani kehidupan intim Yesus dengan Bapa. Berikut kebiasaan yang dilakukan Yesus untuk membangun hubungan dengan Tuhan.
Lukas 6: 12, “Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.”


Matius 14: 23, “Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ.”


Markus 1: 35, “Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.”

 

Baca Juga: SELFIE SAAT BERIBADAH, DIPERBOLEHKAN ATAU TIDAK YA?

 

2. Memberitakan injil Tuhan

Selama pelayanan-Nya, Yesus selalu berkhotbah dan mewartakan pesan kasih Tuhan kepada setiap orang yang ditemuiNya.

“Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.” (Matius 9: 35)


Pendeta memiliki tugas untuk memimpin orang lain untuk memahami lebih baik tentang Firman Tuhan.

 

3. Selalu hadir untuk mendukung orang lain

Alkitab berkata bahwa Yesus sering kali tergerak oleh belas kasihan ketika melihat orang-orang terlantar seperti domba yang tak punya gembala.
Matius 9: 36, “Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala.”


Yesus suka membangun hubungan dan memberikan jawaban atas kebutuhan orang lain. Dengan melakukan hal itu, Dia menyentuh hati banyak orang. Hal serupa juga menjadi tugas seorang pendeta. Sebagai pemimpin gereja, seorang pendeta harus selalu hadir untuk menjawab setiap kebutuhan jemaat-Nya dan memenangkan hati mereka dengan kasih Tuhan.

 

Baca Juga: 3 TOKOH ALKITAB YANG MENGAJARKAN TENTANG KONSEKUENSI SAAT MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG SALAH

 

4. Membuat murid

Sama seperti Yesus, seorang pendeta diberikan perintah untuk membuat murid. Saat Yesus memulai pelayanan-Nya, Dia memanggil satu per satu ke-12 murid-Nya.


Yesus menyampaikan bahwa, “Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang.” (Lukas 19: 10)


Orang-orang yang terhilang sangat berharga bagi Tuhan. Jadi, seorang pendeta perlu memiliki hati yang sama seperti Yesus bagi orang yang terhilang.


Semoga dengan informasi ini, kita sebagai orang Kristen bisa memahami peran penting yang dijalankan seorang pendeta ya. Dengan tugas dan tanggung jawab besar ini, kita juga perlu lho mendoakan mereka.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK