ARTICLE

Tue - Jan 04, 2022 / 641 / Inspirational

Lihat 9 Fenomena yang Menghiasi Langit Bumi di Tahun 2022!

Fenomena langit adalah hal yang menarik untuk anak. Biasanya mereka tertarik tentang rasi bintang, hujan meteor, gerhana, dll karena semua itu langka terjadi. Dan sepanjang tahun 2022, kita bisa menikmati fenomena langit yang beragam lho! Simak apa saja fenomena langit itu dan jangan lupa catat tanggalnya ya.

Dikutip dari National Geographic, Senin (3/1/2022), akan ada 9 fenomena yang bakal memanjakan mata selama 1 tahun berjalan. Berikut 9 fenomena langit yang akan terjadi di 2022:

  1. Puncak Hujan Meteor Quarantid

Fenomena ini akan menyapa Bumi pada 3 dan 4 Januari dini hari. Hujan meteor quarantid adalah hujan meteor yang memiliki intensitas lebih tinggi karena setiap jamnya akan ada 100 meteor yang jatuh dengan kecepatan 41 km/detik saat memasuki atmosfer Bumi. Sayangnya hujan meteor ini hanya bisa dinikmati oleh mereka yang tinggal di belahan Bumi utara saja. Jadi kita yang ditengah-tengah ini harap bersabar ya.

 

  1. Bulan Sabit Termuda

Fenomena ini akan terjadi pada Senin, 3 Januari 2022. Coba Anda dan keluarga keluar rumah nanti malam, apakah sudah melihat bulan sabit ini?

 Baca juga : WAJIB NONTON, 7 FILM ROHANI KRISTEN YANG TAYANG SEPANJANG TAHUN 2021!

  1. Bulan purnama

Fenomena ini akan terjadi pada 18 Januari 2022. Namun tidak semua wilayah Indonesia bisa menyaksikannya karena terjadi pada pukul 06.51 WIB.

 

  1. Venus, Mars, dan Saturnus berdampingan

Fenomena ini terjadi pada akhir Maret sampai awal April. Saat fenomena ini terjadi, Venus, Mars, dan Saturnus terlihat seperti kumpul bersama dalam gugus segitiga yang rapat. Fenomena ini hanya bisa dilihat 1 jam sebelum matahari terbit, tepatnya melihat kea rah langit tenggara.

 

  1. Gerhana Matahari sebagian

Pada 30 April 2022, Bulan akan melintas antara Bumi dan Matahari. Gerhana maksimum akan terjadi pada 20:41 UT, tepatnya saat piringan Matahari ditutup bulan sebanyak 64%. Di tahun ini akan terjadi dua gerhana Matahari sebagian yang bisa dilihat di Amerika Selatan bagian selatan, sebagian Antartika, dan di sebagian Samudra Pasifik dan Selatan.

 

  1. Konjungsi Venus-Jupiter

Fenomena Jupiter secara perlahan naik lebih tinggi di langit tenggara sebelum Matahari terbit akan terjadi pada 30 April dan 1 Mei. Saat fenomena terjadi Jupiter akan mendekati Venus. Sebelum fajar di 30 April, Venus dan Jupiter berada dalam posisi yang berdekatan sehingga terlihat seperti menyatu.

 Baca juga : MAU MEMPERBAIKI KEUANGAN DI TAHUN BARU? COBA 5 JENIS INVESTASI UNTUK PEMULA INI!

  1. Lima Planet Sejajar

Fenomena langit langka akan terjadi dalam rentang 18 Juni dan 27 Juni. Pasalnya, 5 planet besar yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus akan terlihat sejajar. Bulan juga akan melintas ke dekat masing-masing planet.

 

  1. Gerhana Matahari sebagian

Gerhana Matahari sebagian ini akan menghiasi langit sebagian besar Eropa dan Timur Tengah, Asia Barat, Afrika Utara, dan Greenland pada tanggal 25 Oktober. Saat fenomena berlangsung gerhana maksimum akan terjadi pada pukul 11:00 UT.

 

  1. Gerhana Bulan total

Fenomena ini akan terjadi tanggal 7 dan 8 November di seluruh Amerika Utara dan selatan, Australia, Asia, serta sebagian Eropa. Bulan akan mulai menggelap pada 8 November jam 3:03 pagi PT, menutup seluruhnya pukul 2:59 pagi PT dan berakhir pada 3:41 pagi PT.

Nah gimana? Seru ya fenomena langit ini. Jika Anda terberkati dengan artikel kami, mari dukung kami terus dengan cara klik di bawah ini.

SAYA DUKUNG

Sumber: indozone.id

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK