ARTICLE

Tue - Jul 12, 2022 / 638 / Inspirational

Kenapa sih Orang Kristen Harus Ibadah ke Gereja dan Anak ke Sekolah Minggu?

Mungkin saat ini masih ada saja orang yang bertanya-tanya, kenapa sih kita harus beribadah di gereja dan anak itu ke sekolah minggu? Apalagi kegiatan ini dilakukan setiap minggu. Ternyata ada empat hal penting yang tertanam dari ibadah bersama di gereja lho. Apa sajakah itu? Simak pembahasannya sampai habis.

Apa kata Alkitab tentang gereja?

Menurut Alkitab, ini makna tentang gereja:

  • Orang-orang di Gereja Perdana akan bertemu bersama untuk bersekutu, memecahkan roti (memiliki persekutuan), dan berdoa ( Kisah Para Rasul 2:42 ).
  • Orang Kristen diperintahkan untuk bertemu secara teratur bersama ( Ibrani 10:25 ).
  • Pertemuan ini adalah tempat untuk saling melayani dan menghormati ( Galatia 5:13 ).

Jika ketiga poin ini dijabarkan, maka akan menjadi beberapa penjelasan seperti berikut ini :

Sebagai tanda persahabatan

Orang Kristen berkumpul untuk bersekutu dengan orang percaya lainnya. Dalam komunitas Kristen, setidaknya seminggu sekali, orang Kristen dapat berkumpul untuk berbagi pengalaman sehari-hari. Orang percaya bisa saling berbagi masa sulitnya dan saling menguatkan satu dengan lainnya dalam sebuah persekutuan. Inilah yang Tuhan tanamkan dalam gereja mula-mula dan bisa kita teruskan kepada generasi berikutnya.

Melakukan sakramen

Sakramen adalah sesuatu yang bersifat ritualistik dan memiliki makna simbolis. Meskipun setiap denominasi punya perbedaan setiap denominasi (yang paling kental terlihat ada di Katolik). Berikut ini sakramen yang dilakukan pada beberapa gereja ortodoks:

a. Komuni : Gereja menetapkan beberapa kali setiap tahun jemaatnya akan mengambil bagian dalam perjamuan Tuhan ( Lukas 22:14-20 ). Mereka akan makan roti atau hosti, yang melambangkan tubuh Yesus, dan anggur atau jus anggur, yang melambangkan darah Yesus.

b. Baptisan : Sebagai tanda lahiriah dari keadaan batin, orang percaya (melalui perendaman atau percikan) akan disiram dengan air untuk melambangkan kematian diri lama mereka dan keberadaan diri baru mereka di dalam Kristus ( 1 Korintus 12:13 ). Gereja-gereja berbeda mengenai apakah seseorang dapat dibaptis sebagai bayi, sebagai orang dewasa, atau keduanya.

Menyembah Tuhan

Sebagai Kristiani kita ke gereja untuk menyembah Tuhan lewat lagu-lagu pujian. Pujian ini bisa berupa bagian dari ibadah, persembahan dari kemampuan atau berkat yang Tuhan telah berikan, dan berdoa bersama.

Mendengarkan firman-Nya

Melalui ibadah, kita bisa belajar nilai-nilai yang Tuhan tanamkan untuk kehidupan kita melalui khotbah yang disampaikan oleh pendeta atau pastor.

Ada orang-orang yang mungkin tidak mau ke gereja. Alasannya beragam, ada yang kepahitan karena sesuatu hal di gereja, terlalu lelah dengan kegiatan mereka, atau bahkan telah kehabisan tenaga dengan melayani gereja. Namun tetap, walaupun ibadah kini bisa dilakukan secara online, tidak ada yang bisa menggantikan kekhusyukan dan persekutuan yang ada di ibadah gereja.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK