ARTICLE

Thu - Jun 28, 2018 / 1556 / Inspirational

Kenapa Tuhan Sering Memakai Simbol dan Perumpamaan Saat Berkomunikasi dengan Kita?

Tuhan bisa berbicara kepada kita lewat apa saja. Bisa lewat orang terdekat kita misalnya keluarga atau teman, orang lain yang tidak kita kenal, bahkan lewat mimpi, dan berbagai simbol lainnya. Tapi sebagai manusia ya kita kadang tidak sadar kalau Tuhan sudah memperingati kita. Jadi kenapa sih Tuhan pakai simbol, perumpamaan, mimpi atau hal lainnya untuk berbicara dengan kita?

Tuhan sebenarnya nggak mau membuat kita bingung lho. Dia justru ingin kita paham dengan isi hatinya sesuai dengan apa yang sedang kita alami dan pahami. Dalam Alkitab, Tuhan sendiri sudah memakai 8.200 ucapan-ucapan simbolis yang bisa kita renungkan. Kamu masih bingung kenapa Tuhan harus menggunakan hal-hal tersebut untuk mengungkapkan keinginan-Nya? Ini alasannya:

Baca juga : ANAK IBU INI MEM-BULLY TEMANNYA DAN AKHIRNYA IA MENERIMA HUKUMAN YANG TIDAK BIASA

 

1. Gambar merupakan alat yang paling sederhana untuk berkomunikasi.

Sumber: beliefnet.com

Sama seperti anak balita, mereka akan jauh lebih tertarik dengan buku bergambar dibanding buku yang berisi tulisan saja. Hal ini juga sama seperti kita orang dewasa. Saat pergi ke perpustakaan atau toko buku, kita pasti lebih tertarik dengan buku-buku bergambar.

Gambar adalah sesuatu yang mudah dimengerti oleh anak-anak. Mereka bisa melihat lewat buku gambar dan mengikuti semua keseluruhan cerita tanpa perlu membaca cerita lengkapnya lewat tulisan.

Tuhan memakai simbol bukan malah untuk membuat kita bingung, tapi membuat kita tertarik dengan pesanNya dan mendorong kita untuk menemukan interpretasi simbol yang Dia sampaikan.

 

2. Simbol dan gambar bersifat universal.

Sumber: Commoners Communion

Waktu kita pergi ke negara lain, sebut saja Afrika, kita tak selalu harus fasih dengan bahasa setempat sebelum berkunjung ke sana bukan? Kalau kita mengemudi di Istanbul, kita juga gak perlu tahu bahasa Turki. Yang perlu kita lakukan adalah mencari simbol (gambar kecil) yang bisa mengarahkan kita menuju tujuan kita di rambu lalu lintasnya.

Lewat simbol, kita bisa tahu harus mengemudi ke arah jalan mana. Atau kita juga bisa memanfaatkan teknologi lewat smartphone kita. Kita bisa tahu kondisi cuaca lewat perkiraan cuacayang ada di layar ponsel kita. Bisa disimpulkan bahwa simbol dan gambar benar-benar bisa mengarahkan kita ke tujuan.

 

3. Simbol adalah bahasa hati.

Sumber: Dreams

Gambar adalah bahasa hati yang bisa mengerakkan emosi kita. Tuhan memakai simbol untuk mendorong perasaan dan hati kita terhubung. Satu kesaksian ini akan mendorong kita bisa memahami tentang pekerjaan Tuhan.

“Suatu malam, aku dan suamiku menonton sebuah film. Kami benar-benar menyaksikan hal-hal yang sama sekali tak pernah kami tahu.Setelah menonton film itu, aku kepikiran tentang wanita muda di gereja yang sudah kami layani dengan peperangan rohani. Suaminya bukan orang percaya dan ibu mertuanya adalah penganut ilmu hitam dan melakukan beberapa hal aneh di rumahnya dan kepada anak-anaknya, terutama kepada putrinya yang masih berusia 3 tahun.

Aku lalu menyarankan supaya dia menonton film itu. Menakjubkannya, keesokan harinya dia segera menceritakan apa yang dia alami.“Kami mengalami malam yang sangat buruk bersama putriku. Aku sedang berdoa, dan kemudian aku bermimpi kalau perahu kami ada di dalam air, dan seorang gadis kecil berada di ujung perahu dan mulai terjatuh ke dalam air. Tanpa berpikir panjang, aku langsung berlari, melemparkan barang-barangku dan melompat untuk menyelamatkannya.

Baca juga : PESAN PRESIDEN JOKO WIDODO YANG BERULANG-TAHUN HARI INI UNTUK ANAK-ANAK SELURUH INDONESIA.

Waktu aku sampai di air, aku bingung, karena kepalanya tidak tenggelam ke dalam air, walaupun butuh beberapa waktu untuk mencapainya. Saat aku mulai meraihnya, aku berpikir hal ini lebih nudah daripada yang aku kira. Lalu aku berdiri dan ternyata air itu hanya setinggi 6 inci saja!

Lalu Tuhan membangunkanku dan mendorongku untuk menonton film itu, Aku berhasil melewati mimpi buruk itu dan berpikir, ‘Apakah Tuhan mau memakai mimpi tadi malam untuk memberi tahuku tentang sesuatu?’ Seolah-olah Tuhan berbicara langsung ke dalam hatiku dan berkata, “Kamu berusaha keras untuk menyelamatkannya, tapi Aku sudah melakukannya! Air mataku pun mulai menetes!

Lalu aku teringat dengan ayat Alkitab yang berkata, “Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan..” (Yesaya 43: 2)

Dana kalau kamu tak memberiku film itu untuk dipinjamkan, aku bahkan tak akan berpikir dua kali tentang mimpi itu. Itu aneh sekali! Terima kasih banyak! Aku sangat bahagia dengan cara Tuhan bergerak dan bekerja!”

Beginilah Tuhan bekerja dalam kehidupan kita. Entah itu saat kita butuh pertolongan ataupun saat Dia sedang ingin memakai kita untuk melaukan kehendak-Nya. Yang perlu kita lakukan adalah peka dengan suaraNya dan terus mencari tahu tentang arti dari penglihatan atau simbol yang kita dapatkan. (CC)

Sumber: jawaban.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

 

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK