ARTICLE

Tue - Jul 11, 2023 / 689 / Inspirational

Kenapa Sekolah Minggu Perlu Adakan Retret Rohani Untuk Anak?

Tentu saja retret rohani tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dewasa saja lho!


Retret artinya mengundurkan diri dari keramaian untuk mencari ketenangan. Gereja-gereja dan komunitas Kristen biasanya akan melakukan kegiatan seperti pergi ke suatu tempat yang tenang dan yang mendukung untuk mendengar suara Tuhan.


Jadi berdasarkan pengertiannya, retret sendiri bisa dilakukan oleh siapapun tanpa batasan usia. Karena itu gereja perlu memikirkan bagaimana Sekolah Minggu yang dikelolanya bisa secara rutin mengajak anak-anak untuk mengikuti retret rohani bersama-sama.

 

Baca Juga: 8 Alasan Pasangan Kristen Perlu Ikuti Retret Pernikahan Gereja

 

Apa pentingnya retret bagi anak?

Papa mama perlu tahu 4 manfaat penting anak ikut retret rohani ini.


1. Anak belajar kepemimpinan

Setiap retret rohani yang diadakan pasti bertujuan untuk melatih anak memiliki mental dan kepercayaan diri yang tinggi. Jadi sepanjang ikut retret anak akan dilatih untuk membuat pilihan independen dari orang, guru dan orang lain. Saat itulah anak bisa lebih percaya diri dengan dirinya dan secara alami bakat kepemimpinannya akan mulai tumbuh.


2. Membangun keterampilan sosial anak

Retret rohani membawa anak pada momen bisa berkumpul dan berbaur dengan teman-teman lain. Jika di sekolah minggu mereka hanya punya waktu bertemu satu kali dalam seminggu, maka melalui retret anak bisa mengenal anak-anak lainnya selama beberapa hari berlangsungnya retret.
Di retret ini, anak diajarkan untuk bisa bersosialisasi dengan anak lain. Seperti contoh berbaur dengan anak lain sebagai teman sekamar atau teman satu kelompok diskusi.

 

Baca Juga: 3 Manfaat Lakukan Retret Rohani Singkat Bagi Orang Percaya

 

3. Waktu istirahat dari layar ponsel

Retret bisa menjadi detoks yang ampuh bagi anak untuk lepas dari layar ponsel. Dalam setiap retret, anak wajib mematuhi aturan yang ditetapkan karena itu selama beberapa hari retret anak akan dilatih untuk mengasingkan diri tanpa ponsel dan berbagai benda teknologi yang bisa mencuri fokus mereka dari Tuhan.

 

4. Anak dekat dengan alam

Bagi anak-anak perkotaan yang jarang terkoneksi dengan alam bebas, retret rohani bisa jadi ide terbaik untuk memperkenalkan anak dengan alam. Saat retret anak akan punya kesempatan untuk bermain di alam bebas, menikmati deburan sungai, hembusan angin, kicauan burung dan segarnya udara bebas yang jauh lebih segar dari ruangan ber-AC.


Melalui pengalaman retret anak juga bisa lebih dekat dengan Tuhan dan mensyukuri setiap karya ciptaan Tuhan.


Dengan menyadari beragam manfaat retret sekolah minggu bagi anak, setiap gereja harus mulai berpikir untuk ambil bagian dalam pelayanan anak ini. Mari luangkan waktu untuk membangun kerohanian anak secara menyeluruh sejak dari belia.

 

Apakah mama papa diberkati lewat artikel ini? Yuk share artikel ini ke orang tua-orang tua yang perlu tahu bahwa retret penting bukan saja untuk melatih mental anak, tetapi juga melatih anak secara rohani.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK