ARTICLE

Wed - Mar 21, 2018 / 2841 /

Keindahan Pantai di Pulau Nias dan Destinasi Wisatanya

Indonesia terkenal akan wisata baharinya. Ya karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Tidak hanya wisatawan domestik yang senang menikmati keindahannya, bahkan spesialnya kekayaan alam Indonesia mendatangkan wisatawan mancanegara juga. Salah satu pulau-pulau elok yang bisa dinikmati adalah Nias.

Untuk menuju Pulau Nias, akses yang dapat ditempuh bisa melalui 2 jalur. Pertama, jalur laut dengan menggunakan kapal dengan estimasi 10 jam pelayaran dengan rute Sibolga – Gunungsitoli. Dan kedua, jalur udara, menggunakan pesawat menuju Gunungsitoli dari Medan atau Padang dengan estimasi 1 jam durasi penerbangan.

Nah sebentar lagi Superbook akan mengadakan Mission Tripke Pulau Nias. Yang ikut dijamin tidak akan rugi karena beberapa destinasi pantai disana sungguh indah. Kapan lagi jalan-jalan sembari bisa menjadi berkat untuk generasi anak di Nias bukan? Berikut destinasi indah yang ada di Pulau Nias:

1. Pantai Sirombu

Sumber: acehimage.com

Pantai yang terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, yang menjadi salah satu poin inti mengapa pantai ini dikatakan ikonik. Tak akan terhapus dalam ingatan ono Niha (bahasa daerah Nias yang artinya orang Nias), bahwa Pantai Sirombu menjadi saksi bisu dari tragedi Tsunami pada 2004 dan gempa bumi pada 2005 silam yang meluluhlantakkan kawasan ini. Bahkan, sisa puing-puing bangunan yang sudah tertutupi rumput-rumput liar yang tersebar di beberapa sudut pantai, seolah menunjukkan betapa bencana alam telah menyapu jejak-jejak ramainya Sirombu sebelum gulungan ombak itu menghantam daerah ini.

 

2. Pantai Sorake

Sumber: pedomanwisata.com

Pantai ini termasuk unik lantaran batu-batu karang yang menghampar di sepanjang bibir pantai. Pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan tinggi. Hal inilah yang menjadikan Pantai Sorake adalah pilihan tepat untuk kegiatan berselancar (surfing). Sehingga banyak peselancar mancanegara yang datang ke pantai ini untuk mengikuti lomba selancar atau Nias Open setiap tahunnya. Wajar saja, Pantai Sorake bahkan dinobatkan dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk berselancar!

 

3. Pantai Lagundri

Sumber: Pariwisata Sumatera Utara

Bagi para surfer kelas dunia, keberadaan pantai Lagundri pasti sudah tak asing lagi. Pantai yamg terletak tak jauh dari Pantai Sorake ini adalah primadona bagi para pecinta surfing. Sama halnya dengan Pantai Sorake, Pantai Lagundri pun termasuk dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk surfing dengan tinggi ombak yang bisa mencapai delapan hingga sepuluh meter (sekitar 5 tingkatan) , dengan panjang hingga berkilo-kilo meter. Bagi kamu yang hendak menikmati panorama indah pantai sekaligus melakukan kegiatan berselancar, sebaiknya berkunjung sekitar Juni atau Juli lantaran cuaca dan ombak pantai sedang bagus-bagusnya.

 

4. Pantai Gawu Soyo

Sumber: marfisaputra.blogspot.co.Id

Pantai Gawu Soyo yang berwarna pasir kemerahan (sesuai namanya) ini terletak di Kec. Afulu, Kab. Nias Utara. Dari kejauhan, pasir kemerahannya sekilas tampak seperti tanah liat yang berwarna kemerahan lantaran warna merah pasir yang sangat pekat. Namun, apabila di sentuh, itu tentu lah bukan tanah liat, sebab adanya bulir-bulir pasir yang begitu halus. Sehingga apabila kaki melangkah menelusuri pantai, bulir-bulir pasir tersebut tampak menempel di tubuh pengunjung.

Selain itu, keberadaan spesies penyu langka di Indonesia yang kadang-kadang keluar dari habitatnya dan melintasi pantai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

 

5. Pantai di Pulau Asu

Sumber: TripTrus

Pulau Asu sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara bahkan dijuluki sebagai 'Paradise on the Earth'.Pulau Asu merupakan salah satu pulau di Kepulauan Hinako yang terletak dalam wilayah administrasi Kab. Nias Barat. Di pulau berpasir putih ini, pengunjung dapat melakukan kegiatan snoorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut pulau Asu. Berbagai jenis terumbu karang, koral, dan ikan hias warna warni berpadu menjadi suguhan yang menawan. Tidak hanya ombaknya yang menggulung tinggi untuk kegiatan surfing, pemandangan matahari tebenam disini pun sangat mempesona.

 

6. Pantai Tureloto

Sumber: pariwisatasumut.net

Salah satu keistimewaan pantai yang terletak di Kec. Lahewa, Kab. Nias Utara ini adalah karang-karang eksotis (juga dikenal sebagai batu otak karena sekilas menyerupai otak) yang sebelumnya berada di bawah laut menjadi berada di daratan pantai lantaran ‘surutnya’ air laut yang terjadi sejak peristiwa gempa bumi yang terjadi di Pulau Nias pada Maret 2005 silam.

Selain itu, wisatawan juga dapat merasakan sensasi mengapung meski tanpa pelampung seperti di Laut Mati loh! Hal ini disebabkan oleh kandungan kadar garam yang sangat tinggi di air laut pantai ini. Wajar saja, jika Pantai Tureloto dijuluki sebagai Laut Mati-nya Indonesia. Akan tetapi, walaupun kadar garamnya sangat tinggi, ternyata pantai ini masih menyimpan kehidupan biota laut yang kaya di dalamnya.

 

7. Pantai Hoya

Sumber: pedomanwisata.com

Di sepanjang Pantai Hoya yang berada di Kec. Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli ini berjejer indah ratusan pohon pinus. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas pondok atau warung yang menyajikan aneka hidangan laut (seafood) yang menggugah selera untuk semakin memanjakan para wisatawan yang berkunjung.

 

8. Pantai di Pulau Tello

Sumber: jelajahpulau.com

Pulau Tello merupakan ibukota Kecamatan dari Pulau-Pulau Batu di Kab. Nias Selatan. Gulungan ombak yang besar memang menjadi daya tarik utama kedatangan para turis ke pulau ini untuk melakukan kegiatan surfing. Ditambah pula dengan pesona alam yang indah serta kondisi yang tidak terlalu ramai. Pantai berpasir lembut ini juga memiliki kekayaan alam bawah laut yang ampuh memanjakan mata. Apalagi pemandangan sunrise dan sunset di pulau ini sangat eksotis.

 

9. Pantai Ladeha

Sumber: lihat.co.id

Keunikah paling terkenal dari pantai yang berada Kec. Amandraya, Kab. Nias Selatan ini adalah keberadaan kolam alami yang terbuat dari batu-batu karang. Kolam ini konon tercipta ketika Pulau Nias tertimpa musibah gempa bumi pada 2005 silam sehingga terjadi perubahan bentuk fisik pada pantai indah yang satu ini. Selain itu, wisatawan juga dibuat terpesona dengan suasana matahari terbenamnya.

 

10. Pantai Pasir Berbisik

Sumber: travelingyuk.com

Pantai Pasir Berbisik berlokasi di Kec. Sawo, Kab Nias Utara. Menurut legenda, pantai ini dinamai 'pantai pasir berbisik' karena terdengar 'nada' dari pasir ketika pengunjung melangkah di atasnya. Keunikan lainnya adalah pantai ini tidak dibatasi oleh pohon kelapa seperti yang biasa tumbuh di pantai-pantai lain, melainkan pohon-pohon pinus yang sengaja di tanam untuk menaungi pantai.

 

11. Pantai di Pulau Panjang

Sumber: idntimes.com

Pulau Panjang yang terletak di Kab. Nias Utara ini memang belum seterkenal Pulau Asu atau Pulau Tello,  namun keeksotisan pantai di pulau ini tak kalah mempesona dari pantai-pantai lain di pulau Nias. Pantai ini tak hanya memiliki pasir yang lembut saja, namun juga banyaknya koral-koral unik yang terhampar di sepanjang bibir pantai.

Sumber: idntimes.com

Baca juga:

PESAN TUHAN UNTUK PARA GURU SEKOLAH MINGGU YANG MASIH JOMBLO

 

JANGAN PAKSAKAN 6 HAL INI KEPADA ANAK SUPAYA MEREKA TIDAK MEMBERONTAK

RAYAKAN PASKAH DENGAN SERU DAN DAPATKAN HADIAHNYA! CARANYA SEPERTI INI

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK