ARTICLE

Fri - Dec 01, 2023 / 262 / Inspirational

KENAPA KITA GAK BOLEH EGOIS?

Egoisme, siapa di sini yang pernah bersikap egois? Kayaknya hampir semua orang pernah melakukannya ya. Tapi dari mana sih asalnya, dan kenapa sebagai orang Kristen kita gak boleh egois? Yuk kita bahas sama-sama, sambil lihat ayat-ayat keren dari Alkitab dan tokoh-tokoh hebat yang bisa jadi panutan kita untuk selalu rendah hati.

Apa yang Bikin Kita Jadi Egois?

Ngomongin egoisme, sebenernya ada banyak pemicunya. Dari yang paling sederhana, kayak iri hati dan keinginan untuk selalu menang sendiri, sampe yang kompleks, seperti ketakutan kehilangan sesuatu atau kekhawatiran tentang apa yang orang lain pikirin. Pokoknya, egoisme ini kayak virus yang bisa ngerusak hubungan dan kehidupan kita.

Kenapa Sebagai Orang Kristen Kita Gak Boleh Egois dan Harus Rendah Hati?

Sebagai orang Kristen, kita punya patokan jelas kenapa kita harus hindarin egoisme dari ayat-ayat Alkitab yang luar biasa. Contohnya, liat deh Matius 20:28 yang bilang, 'sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.' Apa kita masih boleh egois setelah baca ayat ini?

Teladan Rendah Hati dari Tokoh Alkitab

1. Yesus Kristus: Sang Teladan Utama

Kalo kita liat Tuhan Yesus, ini baru panutan beneran. Dia ngajarin kita bukan cuma lewat kata-kata, tapi juga dari tindakannya. Dia melayani dengan senang hati dan bahkan rela mati buat kita semua.

2. Paulus: Si Rendah Hati

Nah, kalo ngomongin tokoh Alkitab yang bisa dijadiin inspirasi buat gak egois, kita gak bisa lupain Paulus. Dia nulis di Filipi 2:3-4. Ayat ini ngingetin kita kalau orang yang gak egois adalah mereka yang gak mikirin kepentingannya sendiri doang tapi kepentingan orang lain juga.

Ayat-Ayat Alkitab Ini Bisa Ngebantu Kita untuk Gak Egois Lagi

1. 1 Korintus 13:4-7 'Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.' Ayat ini bisa jadi 'menu panduan' kita dalam menghindari sikap egoisme.

2. Galatia 5:22-23 'Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.'

Terus Gimana Cara Kita Bisa Jadi Lebih Rendah Hati?

1. Melayani Orang Lain Tanpa Pamrih

Gak usah jauh-jauh, mulai aja dari anggota keluarga terdekat, teman dan orang terdekat lainnya. Di sinilah kita bisa praktikin ajaran Yesus yang bilang, 'Melayani lebih penting dari dilayani.'

2. Berdoa buat Jadi Lebih Rendah Hati

Doa adalah senjata ampuh kita, loh. Jadi, kita bisa banget minta petunjuk dari Tuhan buat jadi lebih rendah hati. Doain aja supaya hati kita nggak gampang egois dan selalu ada buat orang lain.

Egoisme memang godaan besar, tapi dengan meresapi inspirasi dari ayat Alkitab dan teladan tokoh Alkitab di atas, kita bisa kok jadi orang Kristen yang gak egois dan selalu rendah hati. Yuk, jadi generasi yang gak egois, tapi selalu siap melayani!

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK