ARTICLE

Thu - Jul 20, 2023 / 491 / Parenting

Jangan Biarkan Anak Jadi Fatherless! Para Ayah Lakukan 3 Peran Ini Atas Hidup Anak-anakmu


Sebelum memutuskan untuk menikah, kaum pria, kamu harus bertanya pada diri sendiri: Apakah saya sudah siap menjadi seorang ayah?

Peran seorang ayah di dalam rumah tangga sangat penting! Bukan hanya karena kita adalah kepala keluarga, tapi juga karena kita perlu menjadi teladan bagi anak-anak kita.

Sebagai seorang ayah, ada 3 peran yang harus kita penuhi untuk memastikan kita melahirkan anak-anak yang berhasil dan hebat.

1. Menjadi Teladan

Anda harus menjadi teladan bagi anak-anak, terutama dalam hal iman. Jika kita adalah orang yang taat pada Tuhan, kita tidak perlu memaksa anak-anak untuk mengenal Tuhan atau takut kepada-Nya. Karena anak-anak akan mencontoh apa yang kita lakukan. Jadi, pastikan kita hidup dengan hati-hati dalam tindakan, perkataan, dan kebiasaan. Anak-anak akan mengikuti jejak kita.

 

Baca Juga: Aku Gak Mau Anakku Kenal Tuhan Pertama Kali di Sekolah Minggu - Yerry Pattinasarany

 

2. Menjadi Inspirasi

Hal terbaik yang dapat kita berikan pada anak-anak adalah cara kita memperlakukan ibu mereka. Jika kita memperlakukan ibu dengan kasih dan hormat, anak-anak akan terinspirasi dan belajar untuk memperlakukan orang lain dengan baik juga. Memberikan contoh yang baik dalam hubungan keluarga akan menjadi sumber kebanggaan dan motivasi bagi anak-anak.

 

3. Selalu Hadir

Kehadiran seorang ayah sangatlah penting. Sayangnya, tingkat ketiadaan ayah di Indonesia sangat tinggi. Tanpa kehadiran seorang ayah, anak-anak dapat menjadi rentan terhadap pengaruh buruk dari narkoba dan permainan komputer. Kehadiran seorang ayah memberikan rasa aman dan kebahagiaan pada anak-anak. Jika kita selalu ada di rumah dan menjalankan peran sebagai teladan, pembimbing, dan inspirasi bagi anak-anak, mereka akan lebih terhindar dari hal-hal buruk.

 

Baca Juga: Mengapa Peran Seorang Ayah Penting Bagi Kehidupan Seorang Anak?

 

Ingatlah untuk selalu berbicara dan mengajarkan nilai-nilai yang penting bagi anak-anak, baik di rumah, dalam perjalanan, sebelum tidur, dan setiap saat. Dunia sering menciptakan jebakan dan godaan yang dapat merusak anak-anak kita. Sebagai ayah, kita harus siap melindungi anak-anak kita dari hal-hal yang merusak anak-anak Anda.


Jadi, sebelum kita memutuskan untuk menikah dan memiliki anak, tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya siap menjadi seorang ayah? Dan bagi kita yang telah menjalani peran sebagai seorang ayah, sadarilah bahwa peran kita sangat penting. Saatnya berubah dan berjuang untuk melindungi anak-anak kita dari segala bentuk kehancuran.

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK