ARTICLE

Thu - Nov 28, 2019 / 318 / Inspirational

Inilah Sisi Lain Raja Salomo yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Part 1

Masih ingatkah kamu dengan Raja Salomo? Bisa dibilang dia adalah raja yang paling bijaksana, pernah membangun kuil, jago berpuisi, pemimpin yang baik, pokoknya sepertinya dia itu sempurna banget dan punya segalanya.

Tapi kalau kita lihat di kitab Pengkhotbah 2:11, Salomo terlihat sisi manusia biasanya. Dia seperti sudah mendapatkan segalanya dengan kerja kerasnya, namun sepertinya itu sia-sia. Kita mungkin pernah mendengar kisah hidupnya, tapi ada beberapa hal yang mungkin kita tidak tahu lho. Kita bahas di bawah ini yuk.

 

1. Salomo adalah anak terakhir Daud – bukan pilihan utama untuk menjadi raja

Biasanya anak tertua yang akan mewarisi tahta menjadi raja. Anak Daud, Absalom tadinya akan dijadikan raja menggantikannya. Absalom yang telah membunuh Amnon, anak tertua Daud juga tidak berhasil menggulingkan tahta Daud.

Salomo, anak Daud dan Batsyeba terpilih menjadi Raja Israel selanjutnya padahal ia masih muda.

Baca juga : SEKOLAH TIDAK PENTING?! COBA PIKIR LAGI!

2. Salomo hampir tidak menjadi raja

Ketika Daud sekarat, Adonia mengurapi dirinya sendiri untuk menjadi raja dengan bantuan beberapa imam. Saat itu dia tidak mengundang Daud, Salomo, dan Natan. Tapi ketika kabar itu sampai ke telinga Daud, Daud menginstruksikan Nathan tentang bagaimana cara mengurapi Salomo menjadi raja yang sebenarnya, dan bukan Adonia.

 

3. Salomo adalah pemimpin terakhir dari bangsa Israel yang bersatu

Bangsa Israel terbagi setelah kematian Salomo. Rehabeam, anak Salomo di awal pemerintahannya mengabaikan permintaan bangsa Israel (1 Raja-raja 12: 13-14). Mulai saat itu hanya kaum Yehuda yang masih mengikuti Rehabeam dan Yerobeam menjadi raja Israel. Dari situlah tidak ada lagi persatuan di bangsa ini.

 Baca juga : ANAK SEDARI KECIL SUDAH PEKA? YUK, KENALI CIRI-CIRINYA!

4. Salomo adalah raja yang paling bijaksana di zamannya, sangat kaya, dan kuat

Di 2 Tawarikh 1, Tuhan ingin mengabulkan permintaan Salomo. Di saat orang lain meminta kekuatan dan kekayaan, Salomo justru meminta hikmat kebijaksanaan! Karena Salomo tidak meminta apapun dari dunia ini, Tuhan memberkatinya dengan kebijaksanaan yang luar biasa. Tuhan juga memberikannya kekayaan dan kekuasaan melebihi raja-raja sebelum bahkan sesudahnya.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK